Persaingan Rating Acara RCTI, SCTV, dan ANTV di Tahun 2016

0
13779
FTV di stasiun TV SCTV
Sinetron RCTI

Tahun ini menjadi tahun yang paling ‘seru’ bagi para pemilik stasiun televisi dalam berebut rating. Memang, tidak semua stasiun televisi swasta berlomba-lomba untuk meraup rating karena beberapa dari stasiun televisi tersebut ‘sengaja’ menghadirkan jadwal acara TV yang bertujuan untuk memberi unsur edukasi.

Jika kita perhatikan, ada beberapa stasiun televisi yang paling gencar berperang untuk meraih rating tinggi. Mereka adalah RCTI, SCTV dan ANTV. Acara TV yang dihadirkan oleh ketiga stasiun televisi ini hampir sama, terutama di jam tayang utama. Yang jelas, program acara televisi tersebut memang berhasil menjadi acara dengan rating tertinggi. Dengan kata lain, jadwal TV yang dihadirkan ketiga stasiun televisi tersebut ternyata menjadi acara yang paling digemari mayoritas penduduk Indonesia.

Lalu, apa sajakah acara televisi tersebut? Apakah Anda adalah salah satu dari jutaan penonton televisi yang paling setia memantau jadwal acara di jam tayang utama dari tiga stasiun televisi ini?

RCTI: Gudang Sinetron

 Kita mulai dari stasiun televisi swasta tertua di Indonesia, RCTI. Pada awal berdirinya, RCTI menyuguhkan film seri impor seperti MacGyver, Tour of Duty, dan Knight Rider. Setelah kurang lebih tiga tahun, jadwal RCTI berubah haluan dengan menayangkan drama lokal seperti Si Doel Anak Sekolahan yang sangat melegenda, disusul dengan sederet sinetron bertema cinta. Sejak itulah, program acara RCTI konsisten dengan penayangan sinetron yang terbukti masih menjadi tayangan dengan rating tinggi (Lihat jadwal RCTI hari ini selengkapnya).

Hingga kini, RCTI yakin bahwa sinetron yang ditayangkannya dapat menjadi ‘senjata’ untuk meraih rating tinggi. Salah satunya adalah “Anak Jalanan”. Kendati perolehan rating drama ini menurun, tetapi pemirsanya masih cukup banyak. Saat ini, jadwal RCTI juga mengandalkan “Anugerah Cinta” serta “Tukang Bubur Naik Haji The Series”. Keduanya sama-sama memiliki rating tinggi, meski bisa saja dikalahkan sewaktu-waktu oleh rating drama Bollywood yang ditayangkan oleh ANTV.

Format acara variety show dan juga infotainment menjadi andalan RCTI untuk menjadi lebih unggul dari jadwal SCTV dan jadwal ANTV. “Dahsyat” hadir di pagi hari, bersamaan dengan acara “Inbox” milik SCTV. Acara ‘gosip artis’ “Silet” ternyata masih mendapat atensi besar dari pemirsa RCTI. Terbukti, acara ini menjadi acara hiburan terfavorit di ajang Panasonic Gobel Awards 2016.

Sebelumnya RCTI juga telah mencoba untuk menampilkan kembali beberapa serial drama Korea terbaik yang pernah meraih rating yang tinggi di Korea Selatan. Beberapa diantaranya adalah serial K-drama The Heirs, My Love From The Star, dan yang paling anyar adalah drama Korea terbaru “Descendants Of The Sun” yang merupakan drama Korea dengan rating tertinggi tahun 2016 ini. Namun sepertinya masih belum bisa mengalahkan popularitas serial drama India yang terlanjur booming dan gencar dipromosikan oleh ANTV beberapa tahun terakhir ini.

ANTV: ‘Raja’ Bollywood

Sinetron Bollywood di ANTV
Sinetron Bollywood di ANTV

Tidak diragukan lagi, ANTV sudah mentahbiskan diri sebagai stasiun televisi yang berhasil meraih rating tinggi selama jam tayang utama. Siapapun yang menggemari drama Bollywood tentu menganggap bahwa ANTV adalah surga bagi mereka. Bayangkan saja, mereka sudah dihibur oleh drama Bollywood sejak jam 12 siang, hingga jam 9 malam.

Apalagi, jadwal acara ANTV baru saja ‘menyelipkan’ satu lagi drama India “Archana Mencari Cinta” meskipun sudah ada empat drama Bollywood sebelumnya yaitu Thapki, Gopi, Lonceng Cinta, dan Mohabbatein. Apalagi, semua drama tersebut berhasil meraih rating tertinggi sejak penayangannya. ANTV telah panen rating sejak ditayangkannya drama seri “Uttaran” yang ditayangkan hingga kurang lebih empat jam dalam satu hari.

Selama ini, ANTV memanfaatkan tren drama Bollywood sebagai drama terfavorit mayoritas penonton Indonesia. Sebelumnya, jadwal ANTV sangat populer sebagai stasiun televisi yang sarat dengan siaran olahraga.

SCTV: ‘Ratu’ FTV

Usia SCTV hanya terpaut setahun dengan RCTI. Format acara yang ditayangkan saat awal penayangan televisi ini juga sama persis dengan ‘saudara tuanya’ itu. Setelah sempat menghadirkan film seri impor berkualitas, SCTV juga sempat menayangkan sinetron-sinetron bertema cinta di tahun 90an. Tetapi, seiring dengan berubahnya kepemilikan saham dari SCTV, maka acara yang dihadirkan pun berbeda.

Saat ini, jadwal SCTV juga masih mengandalkan sinetron di jam tayang utama. Hanya saja, sinetron yang ditayangkan sengaja membidik pangsa pasar anak muda. Di jam tayang lainnya, SCTV mengisinya dengan FTV di pagi dan siang hari, setiap hari. Andalan SCTV lainnya adalah “Inbox”, acara live music di pagi hari, dan juga acara infotainment di siang harinya (lihat jadwal SCTV hari ini selengkapnya).

Sebelumnya SCTV sempat merajai rating acara TV nasional melalui beberapa sinetron unggulannya seperti Ganteng-Ganteng Serigala, Pangeran, dan Mermaid In Love. Namun belakangan ini pamor sinetron SCTV belum bisa mengalahkan RCTI dan ANTV di jam tayang utama (primetime).

Demikianlah gambaran persaingan rating beberapa stasiun TV nasional yang saat ini mendominasi peringkat rating acara nasional. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin mengetahui acara TV apa saja yang tengah populer belakangan ini.

Loading...