Sensasi River Tubing di Kaki Gunung Wilis-Ponorogo

0
3273
Sensasi-River-Tubing-di-Kaki-Gunung-Wilis-Ponorogo
sumber gambar: Info Seputar Ponorogo

Kabarmaya.co.id Anda yang sedang berwisata di kawasan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, patut mencoba salah satu olahraga menantang yang ada di sini, terlebih bagi Anda yang gemar dengan olahraga air.

Di Ponorogo, ternyata ada sungai yang dimanfaatkan untuk bermain river tubing. River Tubing sendiri merupakan olarhraga air yang cukup memacu adrenalin. Olahraga ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengisi waktu liburan Anda saat akhir pekan.

Dengan dukungan suasana khas perbukitan dan hutan di kaki gunung wilis, sungai Mendak, nama sungai tersebut, menyajikan sensasi bermain river tubing dengan suguhan empat level sekaligus. Sungai mendak sendiri terletak di Desa Wagir Kidul, Kecamatan Pulung, sekitar 21 km sebelah Timur dari pusat Kota Ponorogo.

Untuk bisa sampi ditempat tersebut, Anda harus melewati jalan berkelok serta menanjak. Namun slama perjalanan, Anda akan menyaksikan pemandangan alam perbukitan serta persawahan yang masih asri dan menyejukkan. Sesampainya di tempat tujuan, Anda hanya perlu membayar parkir sebesar Rp 2.000 saja. Sedangkan jika ingin mencicipi tubing river, Anda diharuskan membayar Rp 20.000 untuk sekali jalan.

Sebelum menikmati wahana ini, Anda harus menggunakan helm untuk melindungi kepala serta pelindung tangan dan juga kaki. Untuk pengunjung wanita serta anak-anak, pengelola menyarankan untuk bermain di level 1 dengan dampingan pemandu. Sedangkan untuk pengunjung dewasa, bisa memilih level 1 hingga 3.

Pengunjung dewasa akan dipandu oleh pemuda sekitar dari mulai start. Lokasi start sendiri ada di bagian bibir hutan. Dari lokasi parkir, Anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk berjalan kaki menuju bibir hutan tersebut. Sedangkan start level dua ada di atas level satu dan akan berakhir di bawah level satu.

Sungai yang memiliki panjang sekitar 2 kilometer tersebut akan memacu adrenalin Anda. Anda akan dihadapkan dengan keseruan mengikuti arus air diantara bebatuan. Sesekali, wisatawan akan berputar-putar hingga menghadap ke belakang.

Bahkan Anda akan menemukan jeram di beberapa titik yang mampu melemparkan Anda dari ban. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir, karena jeram tersebut tak terlalu dalam sehingga Anda tak akan terantuk hingga dasar sungai. Jika Anda sudah sampai di finis pertama dan ingin melanjutkan ke level selanjutnya, Anda akan ditemani oleh pemandu lain yang lebih berpengalaman. Hal ini dilakukan karena arus air yang lebih deras, serta kemiringan sungai yang lebih menantang. Disarankan untuk berkunjung saat waktu musim penghujan, karena debit air sedikit lebih besar. Namun Anda tak perlu khawatir, sebab masih aman untuk anak-anak.

Baca juga:

Air Terjun Pletuk, Keindahan Ponorogo Dengan Segudang Keunikan

Nyarai, Air Terjun Cantik di Sumatera Barat Low Budget!

Sate Ayam Ponorogo Ini Jadi Kuliner Langganan Jokowi dan SBY