Hati-Hati Gula Darah Meningkat, Waspadai 5 Macam Buah Ini!

0
629

Diabetes-Cegah-Dengan-5-Buah-Manis-Ini

Kabarmaya.co.idBuah merupakan makanan yang kaya akan manfaat karena kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Mengkonsumsi buah sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh. Setiap buah memiliki nilai gizi yang berbeda-beda dan mempunyai manfaat yang berbeda pula. Banyak buah yang mengandung banyak kandungan air, mineral, vitamin, gula dan zat-zat yang lain.

Tidak semua macam buah dapat dikonsumsi, terlebih untuk penderita diabetes. Berdasarkan American Heart Association (AHA), jumlah maksimum dari gula olahan yang sebaiknya dikonsumsi dalam satu hari adalah sebagai berikut: Pada pria, batas konsumsi gula dalam sehari adalah 150 kalori per hari (37,5 gram atau 9 sendok teh). Sedangkan bagi Perempuan batas konsumsi gula dalam satu hari adalah 100 kalori per hari (25 gram atau 6 sendok teh).

Mengkonsumsi buah dengan kadar gula yang tinggi secara berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan sehingga dapat memicu penyakit obesitas, diabetes, dan juga penyakit jantung. Setiap 150 gram buah gula yang aman untuk dikonsumsi yaitu hanya 7 gram gula. Berikut merupakan 5 buah yang mempunyai kandungan gula yang terlalu tinggi:

  1. Nanas

Nanas merupakan buah yang banyak digemari oleh semua orang. Dalam 150 penyajian, atu porsi buah nanas mempunyai kandungan sekitar 15 gram gula, 19 gram karbohidrat, dan 100 kcl energi serta mempunyai thiamin, vitamin B6, tembaga, vitamin C, dan manganese.

  1. Apel

Apel mempunyai 16 gram gula, 21 gram karbohidrat, dan 78 kcal dalam satu porsi apel segar dengan takaran penyajian 150 gram. Apel merupakan buah yang kaya akan antioksidan, seperti flavanoid, dan serat. Fitonutrien dan antioksidan dalam apel juga dapat membantu mengurangi risiko pengembangan kanker, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

  1. Pisang

Dalam 150 gram saran penyajian, satu porsi buah pisang terdapat gula sebanyak 18,5 gram dengan takaran kalori sebanyak 134 kcal dan 35 gram karbohidrat. Selain itu pisang merupakan sumber protein, vitamin B6, manganese, kalium, serat, biotin, dan magnesium yang baik.

  1. Mangga

Satu porsi mangga segar memiliki kandungan gula hingga 24 gram, 107 kcal energi, dan 28 gram karbohidrat per 150 gram saran penyajian. Akan tetapi, mangga dapat memenuhi sepertiga kebutuhan asupan vitamin A harian bagi tubuh. Tidak mengkonsumsi buah mangga secara berlebian dapat mengurarangi resiko gula darah dalam tubuh menjadi naik.

  1. Anggur

Berdasarkan standar saran penyajian buah (150 gram), satu porsi anggur hijau mengandung 12 gram gula, karbohidrat sebanyak 27 gram, dan banyak kalori mencapai 104/kcal. Sementara itu, satu porsi anggur merah red globe segar mengandung gula sebanyak 25 gram gula, dengan nilai kalori mencapai 120 kcal dan karbohidrat sebanyak 28 gram, per 150 gram saran penyajian. Anggur merah juga kaya akan anti oksidan yang baik untuk melawan radikal bebas yang menjadi pemicu dari penyakit kanker.

Baca juga:

Khasiat Daun Mangga Untuk Obati Diabetes

Diabetes Tipe 2 Hantui Anda Yang Sering Tidur Siang Lebih Dari 1 Jam

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Sembuhkan Diabetes