Cara Lunturkan Batu Ginjal Tanpa Operasi Dengan Daun Sukun

0
5483
Cara-Lunturkan-Batu-Ginjal-Tanpa-Operasi-Dengan-Daun-Sukun
Daun sukun

Kabarmaya.co.idPenyakit batu ginjal disebabkan oleh endapan garam atau endapan yang tidak larut secara sempurna yang mengendap di sekitar benda asing yang mempunyai inti sel epitel, lendir, nanah, sel darah merah dan sebagainya. Hal ini menyebabkan makanan yang banyak mengandung garam mempunyai peranan penting untuk mempercepat tumbuhnya penyakit ini.

Batu ginjal mempunyai tanda awal berupa nyeri atau sakit saat kencing, mual dan muntah serta sakit di bagian pinggang, pembengkakan pada kaki dan daerah sekitar mata, perubahan struktur air seni, kencing disertai darah, nafsu makan berkurang yang mengalami penurunan berat badan, serta merasa lelah atau lemas. Biasanya medis akan menyarankan penanganan untuk memecah batu ginjal denga jalan operasi atau laser.

Namun tahukah jika penanganan penyakit batu ginjal bisa dilakukan dengan menggunakan daun sukun tanpa melakukan operasi. Daun sukun mengandung asam hidrosinat, tanin, riboflavin, asetilcolin bermanfaat untuk melawan sumber penyakit berbahaya. Kandungan tersebut yang membuat daun sukun dapat digunakan sebagai peluntur batu pada penyakit batu ginjal.

Cara mengolah daun sakun harus berhati-hati karena cara pengolahan yang salah dapat memperburuk keadaan dalam tubuh. Pertama pilihlah daun yang benar-benar tua yang masih bewarna hijau, kemudian mencuci dengan air yang mengalir. Kemudian dimasak dengan direbus menggunakan gerabah dari tanah liat atau panci dengan bahan stainless steel dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Ketika sudah kering, daun sukun bisa digunakan sebagai bahan pembuat teh. Namun ingat, jangan menggunakan bahan alumunium untuk merebus. Hal ini disebabkan karena zat yang terkandung di dalam daun dapat bereaksi dengan alumunium yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Selain digunakan sebagai obat batu ginjal, teh daun sukun juga berguna untuk mengobati penyakit kardiovaskulas dan penurunun tekanan darah tinggi, serta dapat mencegah penyakit peradangan karena daun ini mempunyai sifat anti-inflamasi.

Baca juga:

Daun Seledri, Sembuhkan Penyakit Ginjal Tanpa Cuci Darah

Es Teh Bisa Sebabkan Penyakit Batu Ginjal? Ini Penjelasannya!

Jangan Sepelekan! Tanda-Tanda Ini Bisa Bahayakan Tubuh