Menakjubkan! Manfaat Rebung Ini Jarang Diketahui

0
1474

Menakjubkan!-Manfaat-Rebung-Ini-Jarang-Diketahui

Kabarmaya.co.idTunas muda yang muncul di samping tumbuhan bambu biasanya disebut dengan rebung. Sebagian besar penduduk Asia menggunakan rebung sebagai bahan makanan, misalnya saja dengan mengolahnya sebagai masakan.

Pada setiap daerah, rebung dikonsumsi dengan berbagai cara. Ada yang dikonsumsi sebagai isi lumpia, sayurran, diolah sebagai tepung, cuka rebung, keripik rebung, rebung beku dan asinan rebung. Sejatinya pada rebung terdapat kandungan karbohidrat, protein, dan dua belas asam amino yang beguna bagi kesehatan tubuh. Tidak banyak orang yang mengetahui, mengkonsumsi rebung secara rutin dapat menghambat penyakit kanker.

Selain kandungan di atas, rebung juga mempunyai kadar kolesterol rendah, lemah rendah, rendah gula, kaya serat, mengandung selulosa, sumber protein dan mineral, dan garam organik. Beberapa manfaat rebung sebagai bahan makanan yang berguna bagi tubuh adalah sebagai berikut:

Dapat menjadi menu diet – Rebung mempunyai kandungan lemak, kalori, kolesterol, gula yang rendah. Hal itu dapat dijadikan sebagai menu bagi siapapun untuk berdiet atau yang ingin menurunkan berat badan.

Menjaga jantung – Rebung mempunyai kandungan pitosterol dan fitonutrien yang dapat mengilangkan kolesterol jahat pada tubuh. Membuat peredaran darah menjadi lancar, sehingga dapat, menjaga kesehatan jatung.

Mengontrol kolesterol – Kandungan kolesterol yang rendah pada rebung, dipercaya dapat mengontrol kolesterol yang jahat bagi tubuh.

Menghambat kanker – Rebung memiliki kandungan pitosterol seperti flavon, amilase, dan klorofil, yang dapat menghambat penyebaran penyakit kanker. Selain itu rebung juga mengandung lignin yang dapat melawan kanker, jamur dan bakteri.

Memperkuat sistem imun – Rebung mempunya banyak vitamin dan mineral, sehingga rebung dapat digunakan sebagai penguat sistem imun pada tubuh atau sistem kekebalan tubuh.

Menyehatkan dan menjaga pencernaan – Kandungan serat yang tinggi pada rebung membuat rebung mempunyai manfaat dapat menjaga kesehatan pencernaan. Serat sangat diperlukan bagi kesehatan pencernaan, jadi mengkonsumsi rebung dapat menjaga dan menyehatkan pencrenaan.

Menurunkan tekanan darah – Kadungan kalium yang sangat tinggi pada rebung dapat membuat elektrolit pada tubuh mengontrol tekanan darah. Mengkonsumsi rebung dapat membuat tekanan darah menjadi normal, sehingga penderita hipertensi dapat mengkonsumsi makanan ini.

Baca juga:

Manfaat Biji Carica Untuk Penyakit Dalam

Kuatkan Memori Otak Dengan Manfaat Bunga Kecombrang

10 Manfaat Dahsyat Daun Mengkudu