Kerja Sering Duduk? Berikut Penyakit yang Sering Menyerang!

0
151

Kerja-Sering-Duduk-Berikut-Penyakit-yang-Sering-Menyerang!Kabarmaya.co.idBanyak pekerjaan yang mengharuskan pekerjanya untuk selalu duduk. Tanpa disadari, biasanya pekerjaan yang menumpuk membuat seseorang lupa bahwa sudah duduk lebih dari 8 jam. Terlalu lama duduk ternyata harus diwaspadai karena dapat menimbulkan banyak penyakit karena terganggunya sistem metabolisme tubuh.

Banyak orang tidak menyadari resiko dari duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama memicu banyak penyakit bersarang dalam tubuh. Melakukan gerakan olahraga ringan dan minum air secukupknya dapat menjadi solusi memperkecil resiko terjadinya bahaya yang dtimbulkan dari duduk terlalu lama. Di bawah ini merupakan dampak yang dapat ditimbulkan karena duduk yang terlalu lama:

Penyakit jantung – Duduk terlalu lama membuat metabolisme pada tubuh menjadi terhambat atau menurun. Metabolisme yang menurun akan membuat peredaran darah tertumpuk oleh lemak karena pembakaran kalori yang kurang sempurna sehingga menyebabkan penyakit jantung.

Penyakit diabetes – Ketika seseorang duduk terlalu lama maka proses kerja pankreas juga menjadi menurun. Menurunnya kerja pankreas membuat insulin pada tubuh menjadi menurun sehingga gula dalam darah menjadi meningkat yanga dapat memicu penyakit diabetes.

Pemicu kanker – Kanker merupakan penyakit yang mematikan nomor 2 di dunia setelah penyakit jantung. Duduk yang terlalu lama dapat memicu penyakit kanker usus, kanker payudara, dan kanker rahim. Penurunan zat insulin, produksi insulin yang berlebih lemak, dan pertumbuhan sel yang lebih cepat yang memicu tumbuhnya kanker dalam tubuh.

Gangguan pencernaan – Duduk terlalu lama juga dapat menjadi pemicu terjadinya gangguan pencernaan. Bahkan dapat mengakibatkan komplikasi pada perut yang mempunyai gejala seperti kram, perut kembung, sembelit, mulas dan buang gas yang berlebihan.

Penurunan fungsi otak – Duduk yang terlalu lama dapat menghambat fungsi kerja otak. Hal tersebut disebabkan karena asupan darah dan oksigen pada otak berkurang karena terhambatnya aliran darah yang disebabkan karena tubuh tidak bergerak aktif.

Gangguan postur tubuh – Duduk terlalu lama sangat memungkinkan untuk terjadinya gangguan pada postur tubuh. Gangguan pada postur tubuh tidak akan terjadi pada jangka pendek, namun akan terjadi karena kebiasaan yang dilakukan dalam janka waktu yang lama. Menyebabkan posisi tulang punggng menjadi berubah karena digunakan sebagai penopang utama saat duduk.

Baca juga:

Manfaat Biji Carica Untuk Penyakit Dalam

Diet Mediterania, Bantu Cegah Penyakit Mematikan

Bahaya! Isi Ulang Botol Plastik Timbulkan Banyak Penyakit Serius