Yakin Daerah ‘V’ Sehat? Perhatikan Gangguan yang Sering Disepelekan!

0
920

Tips-Menjaga-Kesehatan-Daerah-Kewanitaan

Kabarmaya.co.idKebersihan daerah V memang salah satu hal yang harus diperhatikan bagi kaum hawa. Daerah V memerlukan perawatan kushus untuk melindungi dari bakteri dan jamur yang bersarang. Kenali berbagai keadaan daerah V untuk memastikan bahwa daerah itu dalam keadaan sehat.

Kadang para wanita melupakan hal sepele yang harus diperhatikan tentang kesehatan daerah V, karena dianggap sehat. Seperti halnya kecantikan wajah dan kecantikan kulit, daerah V yang tertutup juga harus dirawat. Tanda-tanda yang harus diwaspadai antara lain:

  1. Keputihan

Keputihan memang hal yang biasa terjadi pada setiap wanita karena dapat membunuh sel-sel mati atau bakteri yang bersarang di daerah V. Warna dan bau pada keputihan harus diperhatikan, seperti keputihan yang normal tidak berbau, tidak lengket, tidak berwarna hijau, kuning atau coklat, tidak berair dan tidak ada penggumpalan daging serta keputihan yang abnormal yaitu mengalami penggumpalan, cairan yang banyak, dan teksturnya lengket. Keputihan yang tidak normal tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya kanker serviks.

  1. Bau tidak sedap pada daerah V

Bau yang tidak sedap dapat diakibatkan karena infeksi, atau kebersihan vagina yang dapat menjadi pemicu kanker atau karena kanker itu sendiri.

  1. Daerah V terasa kering

Ketika daerah V terlalu kering maka kelembapan daerah vagina menjadi buruk. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang sudah menopause karena hormone estrogen yang mengalami penurunan. Saat seseorang belum menopause dan daerah V terasa kering itu bisa terjadi adanya penyakit kanker. Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk menjalani pengobatan lebih lanjut.

  1. Daerah V terasa terbakar

Daerah V yang terasa terbakar yang harus diwaspadai oleh setiap wanita. Daerah V yang terbakar bisa diakibatkan karena infeksi, jika hanya infeksi ringan maka hanya perlu membersihkannya namun akan lebih bagus ketika memerikasakan pada dokter yang lebih ahli tentang hal tersebut.

  1. Iritasi atau gatal

Sering iritasi atau gatal pada daerah kewanitaan yang dapat menyebabkan kemerahan pada daerah V. Jangan menganggap sepele hal tersebut karena snagat berbahaya, bisa merupakan salah satu tanda dari kanker serviks.

  1. Pendarahan

Pedarahan yang berlebihan dan tidak wajar yang terjadi oleh wanita harus wajib diwaspadai. Pendarahan ini bukan karena menstruasi tapi terjadi diluar saat menstruasi. Ini merupakan gejala tidak wajar pada wanita, sehingga harus dilakukan pemerikasaan kepada dokter dan melakukan pengobatan karena dapat sebagai tanda penyakit kanker serviks

Tanda-tanda yang yang harus diwaspadai dan melakukan konsultasi kepada dokter saat dianjurkan ketika muncul gejala di atas. Kasehatan daerah V harus selalu dijaga karena jamur dan bakteri dapat muncul dan dapat menyebabkan kanker serviks.  

Baca juga:

Tips Mengatasi Keputihan di Daerah Kewanitaan

Tips Menjaga Kesehatan Daerah Kewanitaan

5 Cara Pengobatan Alami Atasi Keputihan Pada Wanita