Lagi-Lagi ‘Dahsyat’ Kena Semprot KPI, Ada Apa?

0
654

Lagi-Lagi-'Dahsyat'-Kena-Semprot-KPI,-Ada-Apa

Kabarmaya.co.idAcara pertelevisian Tanah Air akhir-akhir ini sering menjadi sorotan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). KPI beberapa kali melayangkan teguran ke stasiun televisi bersangkutan karena menampilkan hal-hal yang tidak patut dicontoh masyarakat. Kali ini acara variety show “Dahsyat” yang tayang di RCTI setiap pagi kena imbasnya. “Dahsyat” mendapat sanksi dari KPI berupa penghentian penayangan.

Hal ini dijelaskan KPI melalui situs resminya pada hari Rabu (29/3/2017). KPI memutuskan menjatuhkan sanksi administratif penghentian sementara selama tiga hari program siaran “Dahsyat” RCTI. Alasan KPI memberikan sanksi pada acara “Dahsyat” ditengarai pada episode “Dahsyat” yang tayang pada 28 Februari 2017 pukul 09.11 WIB dan 1 Maret 2017 pukul 08.49 WIB kedapatan melanggar aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI.

Menurut KPI Pusat, pelanggaran program siaran “Dahsyat” memuat perkataan yang merendahkan seperti “p’a”,”pangeran sawan”,”ular kadut”, dan jenglot”. Selain itu, ada pula beberapa adegan pria yang mengendarai mobil dengan maju, mundur, dan rem mendadak dengan kondisi terdapat pria lain dalam bagasi yang tertutup pada mobil tersebut.

Tentu hal ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas penghormatan terhadap nilai dan norma kesopanan dan kesusilaan, perlindungan terhadap anak, serta penggolongan program siaran. Selama menjalankan sanksi tersebut RCTI tidak diperkenankan menyiarkan program dengan format sejenis. Sanksi penghentian sementara “Dahsyat” RCTI selama tiga hari dilaksanakan pada tanggal 13,14, dan 19 bulan April tahun 2017.

Baca juga:

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Tersingkir di Dahsyatnya Awards, Ini Harapan Natasha Wilona

Natasha Wilona–Stefan William Bikin Kejutan, Berikut Daftar Lengkap Pemenang Dahsyat Awards 2016

Persaingan Rating Acara RCTI, SCTV, dan ANTV di Tahun 2016