Khasiat Bunga Melati Untuk Mengobati Penyakit Dalam

0
545

Khasiat-Bunga-Melati-Untuk-Mengobati-Penyakit-Dalam

Kabarmaya.co.idBunga melati merupakan salah satu jenis bunga yang sering digunakan untuk menghias rumah agar terlihat lebih indah. Selain sebagai tanama hias yang memiliki bentuk cantik dan bau yang sangat khas, bunga melati terkenal sebagai salah satu bahan untuk membuat berbagai produk kecantikan wajah dan kulit.

Namun ternyata bukan hanya berguna untukn menjaga kecantikan wajah, rupanya bunga berwarna putih ini juga memiliki beragam khasiat lain yaitu untuk mengobat berbagai macam penyakit. Beberapa macam penyakit yang bisa disembuhkan dengan bunga yang satu ini adalah:

  1. Mengobati sesak napas

Caranya dengan merebus bunga melati dengan garam dan diminum dua kali sehari saat pagi dan sore. Meminum air rebusan melati dapat meredakan penyakit sesak napas.

  1. Mengobati demam dan sakit kepala

Caranya dengan meremas-remas bunga melati dan menempelkan pada dahi. Melati dapat digunakan sebagai obat herbal dalam mengobati demam dan sakit kepala.

  1. Mengobati sengatan lebah atau serangga

Sama seperti cara untuk mengobati demam dan sakit  kepala, bunga melati yang diremas-remas halus ditempelkan pada daerah yang terkena sengatan lebah atau serangga.

  1. Mengobati sakit mata

Sakit mata juga dapat diobati dengan bunga melati. Caranya yaitu haluskan bunga melati dan menempelakannya di dahi dekat mata sampai kering. Jika sudah kering maka diganti dengan yang baru.

  1. Mengobati radang usus

Untuk mengobati radang usus, bunga melati yang digunakan adalah bunga melati jenis poncosuda. Caranya dengan merebus bunga melati dengan dengan tiga gelas air dan menyisakan sampai satu gelas air kemudian diminum dua kali dalam sehari.

Dalam bunga melati terdapat kandungan minyak eteris (zat berbau), Indole Linalcohol, Asetat benzilic, Alkohol benzilic, Livalylacetaat, dan Jasmon. Dengan kandungan yang terdapat di dalamnya maka bunga melati dapat bermanfaat seperti ulasan di atas.