Minuman Bersoda Memicu Terjadinya Kemandulan?

0
182

Minuman-Bersoda-Memicu-Terjadinya-Kemandulan

Kabarmaya.co.idMinuman bersoda memang banyak dikonsumsi oleh berbagai kalangan baik muda maupun tua. Tetapi di balik segarnya minuman bersoda ternyata terkandung banyak zat negatif yang akan berdampak pada kesehatan tubuh. Salah satu yang paling banyak dibicarakan adalah memicu resiko kegemukan atau obesitas pada seseorang.

Selain itu rupanya penelitian terbaru menyebutkan jika mengkonsumsi minuman bersoda juga akan memicu terjadinya kemandulan. Seperti dilansir pada laman Boldsky, Selasa (16/5/2017), minuman bersoda mengandung pemanis buatan aspartam yang dapat mengganggu sistem endokrin hingga menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan masalah ketidaksuburan pada wanita.

Ahli IVF, Arvind Vaid, menjelaskan bahwa hampir seluruh makanan dan minuman yang mengandung aspartam akan banyak memunculkan masalah kesehatan termasuk juga kemandulan dan resiko keguguran. Bahkan mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebih juga akan memicu gangguan ovulasi dan memperburuk gejala pramenstruasi (PMS).

“Hampir semua minuman ringan dan soda mengandung asparyam yang menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk ketidaksuburan yang memicu kemandulan, maliformasi (perkembangan abnormal suatu organ atau jaringan) dan risiko keguguran,” jelas Arvind.

Minuman bersoda yang cenderung sangat asam dapat mengubah tingkap pH (kelembapan) tubuh saat dikonsumsi berlebih. Kabarnya hal ini akan berdampak parah para laki-laki, dimana bahan kimia yang ditemukan di lapisan botol plastik dan kaleng dapat mengurangi kualitas mani laki-laki.

Tak hanya itu kaum pria yang mengkonsumsi minuman bersoda berlebih juga berisiko empat kali lipat mengalami rendahnya jumlah sperma dan motilitas sperma yang dapat mempengaruhi kemandulan.