Resep Sehat Membuat Menu Sahur Yang Praktis Dan Sederhana

0
493

Kabarmaya.co.id – Dalam menjalankan ibadah puasa tentunya banyak yang menyiapkan berbagai persiapan baik fisik maupun mental. Dalam berpuasa seorang muslim diharuskan untuk menjaga dan menahan diri dari rasa lapar, haus, termasuk juga menjaga diri dari hawa nafsu lainnya. Untuk menjaga fisik agar tetap bugar saat berpuasa, dianjurkan untuk bersantap sahur sesaat sebelum imsyak.

Agar kuat dalam menjalankan ibadah puasa menu sahur yang tepat tentunya juga harus mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Setidaknya saat sahur harus mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung protein dan korbohidrat.

Untuk Anda yang ingin bersantap sayur dengan sayuran yang diolah tapi tetap memiliki kandungan gizi yang baik tak ada salahnya jika memasak orak arik telur dan sayuran. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

Resep orak arik telur sayuran sehat

  1. 2 butir telur
  2. 3 sdm minyak sayur
  3. 2 siung bawang putih (cincang)
  4. 50 gram daging ayam (iris tipis lebar)
  5. 100 gram sawi hijau (potong-potong 3 cm)
  6. 75 gram jamur shimeji
  7. 1 sdm saus tiram
  8. 1 sdm kecap asin
  9. ½ sdt merica bubuk
  10. 1 sdt garam

Cara membuatnya juga cukup mudah yaitu dengan memasukkan semua bahan tersebut ke dalam wajan yang telah dipanaskan sebelumnya. Pertama-pertama oseng bumbu kemudian masukkan telur ke dalam wajan dan bentuk hingga bulat-bulet kecil, kemudian barulah beberapa bahan berikutnya dimasukkan dan tambahkan seidikit air lalu tunggu hingga masak.

Baca juga:
Menu Sahur Praktis Saat Bangun 15 Menit Sebelum Imsak
5 Manfaat Sahur Sebelum Puasa

Untuk menu sahur, sebaiknya jangan memasak amkanan yang mengandung banyak minya. hal tersebut akan menyebabkan tubuh memerlukan banyak air untuk mencerna lemak. Akibatnya jika mengkonsumsi yang terlalu berlemak, siang hari badan akan terasa lemas dan dehidrasi.