Manfaat Kulit Rambutan Bisa Digunakan Untuk Mengobati Diabetes

0
649

Kabarmaya.co.idBuah rambutan ternyata juga punya manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, tak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi ternyata bagian kulit yang justru banyak dibuang punya manfaat ajaib untuk mengobati penyakit diabetes. Buah yang banyak ditemukan di Indonesia umumnya hanya digunakan sebagai buah pencuci mulut, namun nyatanya manfaat tersembunyi rambutan sangat dahsyat.

Dalam buah rambutan memang terkandung senyawa yang berdasarkan penelitian bisa digunakan sebagai obat. Penelitian ini dilakukan oleh sejumlah dosen dari Universitas Muhammdiyah Surakarta yang menemukan bahwa di dalam kulit rambutan ternyata memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengobati diabetes, antiasam urat dan antihiper kolesterol.

Saat ini tim peneliti tersebut kabarnya telah mengolah kulit rambutan menjadi obat herbal yang mudah untuk dikonsumsi. Untuk lebih mengefektifkan cara kerja obat pihak peneliti mencampurkan beberapa bahan herbal lain seperti kulit mahoni, daun sambiloto, lempuyang gajah, serta ekstrak kulit rambutan dan madu. Pihak peneliti memang belum mengolah obat ini dalam bentuk kapsul atau tablet sebab belum mengurus ijin ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dalam penelitian terkait, pihak peneliti menguji ramuan ini pada jenis hewan dan untuk manusia belum dilakukan uji coba. Hanya saja pihaknya menjelaskan jika temuannya ini juga akan aman jika dikonsumsi manusia. Pada objek penelitiannya tersebut, ramuan yang dibuat tersebut sudah menunjukkan hasil yang efektif pada hari keempat. Perbandingannya setidaknya setara dengan obat kimia yang biasanya diguankan penderita penyakit yang sama.