Cara-Cara Membentuk Kecerdasan Anak Sejak Dalam Kandungan

0
385

Kabarmaya.co.idMelatih kecerdasan anak sebaiknya memang dilakukan sedini mungkin atau sejak anak masih berada di dalam kandungan. Otak sebagai pusat kecerdasan terbentuk pertama kali sejak bayi ketika masih berada dalam kandungan ibu. Untuk lebih mengembangkan potensi kecerdasan pada bayi, hal ini bisa dilakukan oleh ibu dengan melakukan beberapa kegiatan yang bisa menstimulus otak janin selama dalam kandungan.

Untuk menstimulasi kecerdasan otak pada janin selama dalam kandungan bisa dilakukan sejak trimester pertama kehamilan dengan menerapkan beberapa cara mudah berikut yang bisa dilakukan di rumah.

Kebiasaan storytime  – kebiasaan yang satu ini sangat dianjurkan bagi wanita yang berada pada trimester ketiga kehamilan. Hal ini lantaran pada fase ini calon bayi yang ada di dalam kandungan sudah mulai untuk menghafal suara dan mendengar.

Berjemur di sinar matahari pagi – sinar matahari saat pagi hari memang terkenal dengan kandungan vitamin D alami yang sangat berguna bagi tubuh. Berjemur setidaknya 20 menit di pagi hari saat hamil bisa membantu untuk membentuk tulang dan hati yang kuat bagi si calon bayi.

Ajak janin berbicara – saat berusia 16 minggu janin dapat mendengarkan suara yang ada di sekitarnya. Bahkan pada minggu ke 27 semua syaraf yang menghubungkan telingan dan otak telah terbentuk dengan sempurna.

Mendengarkan musik – selera musik pada anak ternyata juag terbentuk lantara jenis musik yang sering ia dengarkan selama berada dalam kandungan. Bayi yang mendengarkan musik sebelum lahir akan memicu produksi serotonin yang bisa menenangkan bayi.

Konsumsi makanan dan minuman yang variatif – selera makan bayi ternyata juga berkembang saat kehamilan 12 minggu dan pada kehamilan 25 minggu ia akan menyerap sekitar 2 liter air ketuban dalam seharinya. Air ketuban ini memiliki rasa makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu, jadi usahakan untuk makan dan minum yang variatif agar sang bayi bisa merasakan berbagai jenis makanan.

Baca juga:
Tidur Siang yang Terlalu Lama Menyebabkan Susah Hamil?
Kesehatan Wanita: Ini Ciri-Ciri Anda Mengalami Keguguran

Anak merupakan anugerah terhebat di dalam kehidupan orang tua khsusnya bagi seorang ibu. Mnejadikan anak cerdas adalah impian semua orang tua terlepas dari pendidikan yang nanti diberikan kepada sang buah hati. Setidaknya untuk membuat kecerdasan anak menjadi kenyataan, bisa dilakukan degan cara-cara yang sudah diulas di atas.