Mau Berwisata Halal? Coba Kunjungi Kawasan Wisata Ini!

0
162
Mau-Berwisata-Halal-Coba-Kunjung-Kawasan-Wisata-Ini-Hotel-Alifa-Syariah
Hotel Alifa Syariah

Kabarmaya.co.idBelakangan di tengah isu konfrontasi terhadap kehidupan kerukunan beragama membuat banyak orang yang mulai melirik wisata yang halal. Bahkan wisata halal dunia menjadi hal yang penting seperti yang dituturkan dalam studi Mastercard Crescent Rating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2016. GMTI menjelaskan bahwa jumlah wisatawan muslim yang datang ke Indonesia pada tahun 2015 sebanyak 117 juta yang didorong dengan mayoritas penduduk Indonesia yang menganut agama Islam.

Wisata halal sendiri merupakan konsep pariwisata yang menekankan pada penerapan syariah dalam pengelolaan suatu tempat baik dari segi akomodasi maupun kuliner. ara ini juga meniadakan hiburan-hiburan yang tidak sesuai dengan syariah Islam.

Berikut adalah kota-kota di Indonesia yang merupakan kota dengan penerapan wisata halal yang sudah populer:

  1. Sumatera Barat

Memiliki pemandangan serta kondisi alam yang indah dan banyaknya makanan halal yang tersedia di kawasan Sumatera Barat membuat Propinsi yang satu ini layak untuk dikunjungi bagi Anda para muslim. Tak hanya itu di kawasan Jalan Bandar Puru No. 29 yang terletak di Kota Padang juga telah tersedia penginapan yang islami yaitu Hotel Alifa Syariah.

  1. Riau

Penerapan wisata halla di Riau sudah dilakukan di beberapa tempat khususnya di Kota Pekanbaru. Pemerintah setempat yang dibantu dengan berbagai pihak mulai berbenah diri dalam menyediakan segala keperluan wisata halal mulai dari restoran hingga akomodasi. Kabarnya di daerah ini juga tengah dibangun sebuah kolam renang yang memisahkan antara laki-laki dan perempuan.

  1. Lombok

Meskipun Lombok merupakan salah satu destinasi kawasan wisata yang bertetangga dengan Bali, namun kawasan wisata Lombok sudah menerapkan adanya wisata halal. Hal ini juga seakan didukung dengan julukan Lombok sebagai Negeri Seribu Masjid karena di daerah ini memang banyak tempat beribadah bagi kaum muslim. Tak hanya itu, berlibur ke Lombok juga merupakan salah satu pilihan yang tepat mengingat banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di kawasan tersebut.

Tidak ada salahnya mencoba sesuatu yang baru seperti mengunjungi wisata-wisata halal. Bagi kaum muslim selain berlibur, mereka juga tidak perlu khawatir dengan kuliner yang disajikan di kawasan wisata halal. Hal ini berbeda jika berlibur di daerah yang tidak memiliki label halal. Wisatawan muslim harus memilah-milah makanan tertentu yang halal untuk dikonsumsi, misalnya menghindari makanan yang mengandung babi dan semacamnya.