Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Pedas

0
418

Ingin-Punya-Umur-Panjang-Sering-Sering-Makan-Pedas

Kabarmaya.co.id Cabai bisa dibilang menjadi salah satu bumbu dapur yang tak boleh terlewatkan bagi mereka penyuka makanan pedas. Rasa pedas yang dihasilkan oleh cabai pada makanan memang akan membuat cita rasa dari makanan menjadi lebih sempurna. Namun rupanya, mengkonsumsi cabai dalam jumlah yang terlalu banyak juga tak baik bagi kesehatan tubuh.

Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan dari seringnya mengkonsumsi makanan pedas yang mengandung banyak cabai adalah dapat menganggu pencernaan manusia. Cabai sebenarnya adalah salah satu bumbu dapur yang fungsi sebagai penyedap rasa sehingga juga dapat mempengaruhi nafsu makan seseorang, bahkan tak jarang makanan pedas kini menjadi favorit banyak kalangan.

Berdasarkan penuturan pakar kesehatan pencernaan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, menjelaskan bahwa pada orang dengan riwayat gangguan pencernaan seperti sakit maag, konsumsi cabai berlebihan dikatakan oleh dr Ari juga dapat memicu kekambuhan nyeri maag. Sementara itu, pada pasien yang memiliki riwayat ambeien, konsumsi cabai terlalu banyak juga dapat menimbulkan sensasi panas pada anus, bahkan bisa sampai merangsang terjadinya perdarahan.

“Seseorang yang doyan sambal harus bisa mengukur seberapa banyak sambal yang akan dikonsumsi. Konsumsi cabai dengan jumlah yang sangat banyak bisa saja menyebabkan perlukaan dan merangsang diare,” seperti dilansir dari laman detikhealth.com.

Cabai pada dasarnya juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun alangkah baiknya jika tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak. Hal ini juga perlu diperhatikan dengan orang yang pernah mengidap penyakit pencernaan sebelumnya.