Jelajah Islam: Menyelusuri Jejak Misteri Sungai Eufrat

0
442

Jelajah-Islam-Menyelusuri-Jejak-Misteri-Sungai-Eufrat

Kabarmaya.co.idSUngai Eufrat merupakan salah satu sungai yang menyimpan sejuta misteri. Sungai ini adalah sungai yang namanya sering disebut dalam hadist Nabi dan juga beberapa keterangan lainnya. Sungai Eufrat sendiri merupakan sungai terbesar yang ada di Asia Barat Daya dengan panjang 1.730 mil atau setara dengan 2.781 kilometer. Cekungannya ada di kawasan Turki sebanyak 30 persen sedangkan lainnya berasal dari daratan tinggi yang ada di Turki.

Bagian hulu Sungai Eufrat ini terdapat ngarai-ngarai yang cukup curam, bagian tenggaranya melintasi beberapa Negara seperti Irak dan Syria. Dahulunya sungai yang menyimpan sejuta misteri ini digunakan sebagai irigasi. Berdasarkan keterangan pada hadist Nabi Muhammad SAW, dalam dasar sungai  Eufrat menyimpan berjuta kekayaan yang akan menimbulkan perselisihan diantara umat manusia.

Inilah yang akan menjadi penyebab adanya peperangan di kemudian hari, maka tak heran jika saat ini ada baiknya tak mengambil sesuatu apapun dari sungai ini. Dalam sebuah hadist mengatakan jika sungai ini juga merupakan salah satu tanda yang bisa memperlihatkan datangnya hari akhir. Disebut bahwa hari akhir akan terjadi jika sungai Eufrat mengering dan akan memperlihatkan kekayaan yang sungguh melimpah dan membuat manusia memperebutkan hal ini dengan saling membunuh.

NASA beberapa tahun lalu telah menyebutkan jika sejak tahun 2003 hingga 2010 debit air sepanjang sungai ini telah hilang sebanyak 144 juta kilometer kubik. Adapun salah satu faktornya adalah karena proyek pengembangan Anatolia wilayah selatan (GAP) yang memanfaatkan air sungai Eufrat dan Tigris untuk mengairi 1,7 juta hektar tanah dengan membangun 22 buah dan dan 19 PLTA.