Perut Terasa Sakit Saat Menstruasi? Coba Atasi Dengan Cara Sederhana Ini!

0
720

Konsumsi-7-Makanan-Sehat-Ini-Saat-Alami-Menstruasi

Kabarmaya.co.idMenstruasi merupakan siklus bulanan yang terjadi pada setiap wanita, terkadang saat mengalami menstruasi banyak gejala yang dirasakan oleh hampir semua wanita. Sebut saja seperti adanya nyeri pada bagian payudara atau yang biasa terjadinya adalah disminorea. Disminorea sendiri adalah nyeri haid yang terjadi karena adanya kram otot yang dirasakan pada bagian perut bawah dan muncul sebelum menstruasi atau saat mengalami menstruasi.

Kondisi ini sebenarnya memang normal terjadi pada setiap wanita, namun beberapa gejala tampaknya membuat wanita merasakan sakit yang amat sangat pada bagian perut. Ini disebabkan karena selama mentruasi berlangsung, rahim berkontraksi untuk membantu meluruhkan lapisan yang akan keluar sebagai darah haid. Peluruhan dinding rahim saat haid ini bisa jadi memutus suplai darah dan oksigen ke rahim..

Ketiadaan oksigen dalam rahim inilah yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri. Sebenarnya untuk mengatasi masalah ini bisa dilakukan secara mudah di rumah seperti dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih sebab untuk menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi saat merasakan nyeri haid.

Atau ada juga yang memilih untuk menggunakan obat pereda rasa neyeri saat haid, namun bagiyang merasakan nyeri berlebih sata haid sebaiknya memang berkonsultasi kepada dokter terdekat. Gejala nyeri yang amat sangat ini bisa jadi merupakan gejala suatu penyakit seperti misalnya endometris, fibroid rahim, atau adenomiosis.