Banyak Keresahan, Waspada Cacing Hati Bisa Menular Ke Manusia

0
196

Banyak-Keresahan,-Waspada-Cacing-Hati-Bisa-Menular-Ke-Manusia

Kabarmaya.co.idKurban tahun ini dihebohkan dengan cacing hati yang ditemukan dalam hewan-hewan kurban. Bahkan salah satu sapi yang dikurbankan atas nama Presiden Joko Widodo juga terinfeksi cacing hati. Marak terjangkitnya sapi dengan penyakit ini membuat banyak masyarakat yang resah dan mempertanyakan daging dari sapi yang terinfeksi cacing hati.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunung Kidul, DIY, menemukan setidaknya 36 hewan kurban yang terinfeksi cacing hati. Hal ini menyebabkan hati dari hewan kurban yang disembelih tidak boleh dikonsumsi, namun bagian daging hewan tersebut masih bisa atau diperbolehkan untuk dikonsumsi dan diolah.

Salah satu penyebab terjangkitnya hewan dengan cacing hati adalah pakan hijau yang menyebabkan cacing hati berkembang biak dengan baik. Pakan diduga terkontaminasi telur cacing, kemudian telur berkembang di dalam tubuh hewan terutama di bagian hati yang memiliki tekstur empuk dari pada daging yang cenderung berserat.

Cacing hati seringkali menyerang ternak dan berdampak cukup buruk. Cacing bisa membuat pertumbuhan ternak terhambat, kurus, produktivitas ternak menurun, bahkan menyebabkan kematian para ternah. Dalam kasus ini, cacing hati juga bisa menular pada manusia.

Meski daging dari sapi yang terinfeksi cacing hati dinyatakan aman dikonsumsi, namun manusia tidak otomatis terhindar dari penyakit fasciolosis. Penularan penyakit ini dapat terjadi akibat penggunaan air yang tercemar serkaria fasciola. Jika air yang terinfeksi itu diminum dalam keadaan mentah, maka telur cacing akan berkembang menjadi cacing muda di dalam tubuh. Atau juga bisa disebabkan karena mengkonsumsi daging mentah yang kebanyakan dilakukan masyarakat di Eropa.

Namun penyakit ini sangat jarang ditemukan di Indonesia, karena orang Indonesia sediri kurang suka menyantap makanan yang terbuat dari hati hewan dan daging metah. Namun perlu diwaspadai, beberapa bagian masyarakat yang menyukai makanan mentah baik sayur dan daging karena berpoteni terinfeksi cacing hati di dalam tubuh.

“Hati hewan yang terkontaminasi tak akan menularkan fasciolosis karena penularan penyakit ini melalui siklus tak langsung. Gejala pada manusia sama seperti hewan ternak yang terkena fasciolosis,” jelas dokter hewan Fadjar Satrija, Drh. Msc., Ph. D.