Pecinta Hiking Wajib Taklukkan Gunung Dengan Jalur Pendakian Terindah Di Indonesia

0
289
Bukit-Pergasingan-Bisa-Jadi-Alternatif-Bagi-Anda-yang-Tak-Sempat-Mendaki-Rinjani
Bukit Pergasingan (sumber gambar: LiburMulu.Com)

Kabarmaya.co.idIndonesia dengan segala keindahan alamnya tak akan pernah habis untuk dijelajahi, terutama gunung-gunungnya yang menawarkan pemandangan super menawan hingga mampu menarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Tidak hanya di pulau Jawan, gunung yang siap didaki juga tersebar di seluruh pulau di Indonesia.

Bagi Anda yang hobi mendaki alias hiking tak ada salahnya jika menjajal gunung dengan pemandangan terindah di Indonesia berikut ini:

  1. Gunung Tambora – Sumbawa

Gunung api yang tergolong aktif ini memiliki ketinggian 2.851 mdpl, keindahan panorama alam yang mempesona dengan sejarah letusannya yang mendunia. Untuk melakukan pendakian ke Gunung Tambora, rata-rata diperlukan waktu selama 3 hari 2 malam melalui jalur hutan lindung. Setelah berhasil berdiri di puncak Gunung Tambora, pendaki akan mendapati pemandangan berupa kawah, padang pasir, samudera lautan yang keindahannya, sangat sulit untuk digambarkan dengan kata-kata. Semua kelelahan juga perjuangan selama berhari-hari untuk menuju puncak, hanya dapat dinikmati dengan kepuasan batin oleh para pendaki.

2. Gunung Rinjani – Lombok

Taman Nasional Gunung Rinjani adalah salah satu ekosistem berupa pegunungan hutan hujan dan savana. Terletak di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat, gunung yang memiliki ketinggian 2.800 mdpl ini pada area kepundan pegunungan terdapat sebuah kawah mati akibat letusan gunung Rinjani. Efek dari letusan tersebut membentuk sebuah danau yang sangat luas dengan pemandangan yang begitu indah. Danau tersebut disebut Danau Segara Anak yang diambil dari bahasa Sasak yang berarti Laut Kecil.

  1. Pegunungan Jayawijaya – Papua

Ini adalah satu-satunya gunung di Indonesia yang memiliki fenomena alam berupa salju abadi. Pegunungan Jayawijaya yang juga dikenal dengan sebutan Pegunungan Cartenz (4.800 mdpl) terletak di Papua Barat. Pegunungan Cartenz merupakan pegunungan yang terbentang memanjang dengan puncaknya bernama Carstensz Pyramide. Keunikan tersebut menjadi daya tarik para pendaki gunung yang berlomba-lomba untuk menaklukan puncak tertinggi di Indonesia sekaligus di kawasan Oceania.

Perhatikan jika melakukan pendakian ke gunung-gunung manapun, akhir-akhir ini banyak pendaki yang tidak bertanggung hawab dengan membuang sampah sembarangan. Jika Anda merupakan salah satu pendaki yang hobi menakhlukkan gunung, jangan lupa untuk membawa sampah Anda kembali turun gunung dan membuangnya di tempat yang semestinya. Jangan sampai sampah yang dibuang begitu saja merusak panorama dan keindahan gunung yang didaki.