Daftar Situs Heritage Indonesia Yang Diakui Oleh UNESCO

0
338
Mengenang-Wisata-Sejarah-Warisan-Dunia-Di-Candi-Borobudur
Borobudur

Kabarmaya.co.idIndonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke mempunyai banyak sekali destinasi-destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Dari wisata candi, wisata alam, bahkan wisata taman nasional juga ada di Indonesia. Kawasan heritage seperti wisata di Candi Borobudur, Candi Prambanan, Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, dan Taman Nasional Komodo juag menajdi salah satu fokus wisata yang diidamkan banyak wisatawan domestik ataupun mancanegara.

Beberapa kawasan wisata yang ada di Indonesia telah diakui oleh UNESCO menjadi World Heritage. Berikut adalah daftar situs bersejarah yang ada di Indonesia dan sudah diakui oleh UNESCO:

Candi Borobudur – Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia. Candi ini terletak di Kabupaten Magelang dan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang telah diakui sejak tahun 1991.

Candi Prambanan – Candi Prambanan di Yogyakarta juga dinobatkan sebagai warisan dunia pada tahun 1991. Candi Prambanan sendiri merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia sekaligus candi terindah di Asia Tenggara.

Taman Nasional Komodo – Pulau ini memang unik dan tidak ada duanya di dunia karena merupakan habitat para satwa purba yang telah menghuni tempat ini sekitar 40 tahun yang lalu.

Taman Nasional Ujung Kulon – Taman Nasional Ujung Kulon adalah taman nasional yang terletak di ujung barat Pulau Jawa. Ujung Kulon sendiri telah dilindungi sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1991.

Situs Manusia Purba Sangiran – Situs manusia purba Sangiran sudah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1996 sebagai ‘Sangiran Early Man Site‘. Dengan adanya pengakuan UNESCO perdagangan situs purbakala yang saat itu sedang marak langsung dihentikan.

Taman Nasional Lorentz – Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional yang berada di ujung timur Indonesia. Pada 1999 taman nasional Lorentz dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Indoensia merupakan wilayah yang kaya dengan sejarah-sejarah yang kemudian digunakan untuk tempat wisata yang mengedukasi. Tidak salah jika Indonesia yang terbentang luar memiliki banyak situs yang diakui dunia sebagai wisata yang menakjubkan.

Loading...