Kawah Cibuni, Destinasi Wisata Baru Di Bandung Selatan

0
153
Kawah-Cibuni,-Destinasi-Wisata-Baru-Di-Bandung-Selatan
Kawah Cibuni (sumber gambar: monyetcantiq – WordPress.com)

Kabarmaya.co.idBandung Selatan adalah sebuah kawasan yang dikelilingi sejumlah gunung berapi. Salah satu dari gunung api adalah Gunung Patuha yang letaknya hanya sekitar 50 km ke arah selatan dari Kota Bandung atau sekitar 25 km dari Kecamatan Soreang, pusat pemerintahan Kabupaten Bandung.

Gunung dengan ketinggian sekitar 2.400 meter ini memiliki sejumlah kawah yang umum dikunjungi sebagai obyek geowisata, yang mungkin paling terkenal adalah Kawah Putih. Namun Gunung Patuha juga memiliki kawah lain yang masih jarang terdengar dan dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Kawah Cibun yang tepatnya terletak di kaku Gunung Sepuh.

Kawah Cibuni adalah obyek pariwisata yang masih belum banyak dikenal wisatawan. Area kawah ini memang layak dijadikan obyek wisata menililk pemandanga yang aduhai, berhawa sejuk, dan menyenangkan hati. Meski jarak tempuh lumayan jauh, namun wisata Kawah Cibuni tidak pernah sepi pengunjung yang inginberekreasi di tempat  yang terletak sekitar 3 km ke arah tenggara Situ Patengan, Kecamatan Rancabali.

Terdapat kawah-kawah kecil berisi lumpur yang meletup-letup oleh gelembung gas, juga sumber air panas yang dialirkan berupa pancuran-pancuran di pemandian terbuka. Untuk mencapai kawah ini, wisatawan bisa berkendara melalui pusat kota Kecamatan Ciwidey menuju arah Situ Patengan. Jalan ini akan membawa wisatawan melalui indah perkebunan teh yang terhampar luas yang dapat ditemui beberapa kawah aktif yang dapat dikunjungi.

Kawah-kawah ini terletak cukup terpencil sehingga sering luput dari perhatian para pengguna jalur jalan Ciwidey-Cianjur meski sudah ada papan petunjuk menuju kawah yang terpasang di sisi jalan. Yang paling unik dari semua kawah ini adalah kawah Cibuni yang berada sekitar 1 km dari jalan raya atau Jembatan Ciorok. Untuk menuju Kawah Cibuni, pengunjung harus mendaki jalan setapak yang sudah pernah diperlebar hingga 3 meter sepanjang kurang lebih 1 km. Berani mencoba?