5 Destinasi Baru Taman Nasional Geopark Di Indonesia

0
226
3-Pantai-Di-Indonesia-Dapat-Gelar-Pantai-Terindah-Di-Dunia-Versi-Majalah-Vogue-Pantai-Tanjung-Tinggi-Belitung
Belitung (sumber gambar: Kompas Travel)

Kabarmaya.co.idPilihan Taman Nasional Geopark terus hadir dan semakin beragam di Indonesia, saat ini terdapat 5 destinasi Taman Nasional Geopark baru di Tanah Air. Hal ini tentu saja menambah banyak pilihan destinasi alam yang semakin beragam di Indonesia. Kelima destinasi itu resmi menyandang status sebagai Taman Nasional Geopark baru di Indonesia dalam ‘Seminar Nasional Geopark Belitung’ di Hotel Santika Belitung pada 24 November 2017 lalu.

Lima pemain baru Taman Nasional Geopark ini menambah kekuatan destinasi alam di Indonesia. Taman Nasional Geopark tersebut diantaranya adala Aspiring Geopark Belitung, Geopark Raja Ampat, Geopark Tambora, Geopark Maros Tangkep, dan Geopark Bojonegoro. Gelar Taman Nasional Geopark membuat ‘lima serangkai’ ini berhak mendapatkan sertifikat sebagai Geopark Nasional dari Komite Nasional Indonesia.

Sertifikat dari Komite Nasional Indonesia ini menjadi dasar untuk mendaftarkan Taman Nasional Geopark ini ke Badan Kebudayaan Dunia PBB (UNESCO) sebagai warisan budaya dan tempat bersejarah di dunia. Lima Taman Nasional Geopark ini lolos sertifikasi dari 12 juri penilai yang berasal dari unsur Kementerian, Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah dan juga beberapa perwakilan dari akademisi Geopark.

Tiga Aspiring yaitu Pulau Belitung, Raja Ampat dan Tambora lulus dan mendapatkan nilai B, sedangkan Geopark Maros Tangkep mendapatkan nilai C. Tim akan memberikan rekomendasi dan kembali melakukan verifikasi lapangan. Geopark Bojonegoro mendapatkan nilai D tetap lulus dan harus melakukan perbaikan sesuai dengan rekomendasi tim penilai dan diberi jangka waktu perbaikan selama setahun.