Macam-Macam Oleh-Oleh Khas Korea Selatan

0
410
Macam-Macam-Oleh-Oleh-Khas-Korea-Selatan
sumber gambar: ShopBack

Kabarmaya.co.id – Saat ini Korea Selatan memang menjadi destinasi pariwasata yang menarik bagi wisatawan dari berbagai Negara, khusunya Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah tenarnya K-Pop dan juga drama Korea di Indonesia yang menjadikan banyak masyarakat Tanah Air ingin berwisata ke Negeri Gingseng. banyak yang bisa dilakukan saat berwisata ke Korea Selatan, mulai dari hanya berjalan-jalan, hingga mendatangi agensi artis untuk berharap bertemu dengan idola.

Korea Selatan memang bukan pusat fashion dunia, akan tetapi Negara ini menawarkan beberapa tren fashion ala bintang K-Pop yang cukup trendy. Selain itu, Korea Selatan juga menyediakan tempat wisata yang menarik seperti Pulau Nami, Sea Life Busan Aquarium, dan masih banyak yang lainnya. Saat sedang mengunjungi wisata-wisatanya, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Korea untuk keluarga dan kerabat di rumah.

Ada begitu banyak oleh-oleh khas Korea yang bisa dibeli untuk buah tangan. Berikut ini adalah beberapa yang sering dibeli wisatawan untuk oleh-oleh khas Korea Selatan:

Kosmetik – Di Indonesia komsetik yang berasal dari Korea sangat laku dipasaran, namuan harga kosmetik di Korea lebih murah dibandingkan yang dijual di Indonesia Myeongdong adalah salah satu kawasan di Korea Selatan yang menjual berbagai macam kosmetik berkualitas dengan harga yang miring. Myeongdong merupakan tempat yang bisa dibiliang surganya belanja kosmetik. Jika membeli dalam jumlah yang banyak, harga yang diberikan masih bisa ditawar hingga harga termurah. Tidak hanya kosmetik, di kawasan Myeongdong juga bisa berwisata kuliner atau berbelanja oleh-oleh lainnya.

Gingseng – Seperti sebutan untuk Negaranya, oleh-oleh yang identik dengan Korea adalah gingseng. Di Korea sendiri ada 3 jenis macam gingseng yakni Susam, Baeksam, dan Hongsam. Namun harga gingseng tidak terlalu murah walaupun membeli di Negeri asalnya sendiri. Jika masih ingin membeli oleh-oleh yang berhubungan dengan ginseng, lebihbaik membelinya dalam bentuk makanan, obat, atau minuman untuk menghemat biaya.

Magnet – Ini merupakan oleh-oleh yang terjangkau dan mudah diperoleh. Magnet yang bertema tentang Korea ini bisa dijual dengan seharga 20 ribuan rupiah saja. Cukup murah untuk dijadikan oleh-oleh bagi kerabat di Tanah Air. Motif dan bentuknya macam-macam, ada raja ratu Korea, bangunan yang menjadi ikon di Korea, hingga tempat-tempat wisata seperti Pulau Jeju atau Pulau Nami. Jika membeli cindera mata magnet dalam jumlah yang cukup banyak di pedagang kaki lima, tentunya bisa untuk menawar dengan harga yang lebih murah.

Hanbok – Oleh-oleh yang satu ini terbilang sedikit mahal. Hanbok merupakan buah tangan yang sangat mencerminkan budaya negeri gingseng tersebut, oleh karena itu tidak ada salahnya bila membeli pakaian adat Korea untuk orang-orang terkasih. Harga pakaian hanbok utnuk wanita ditaksir dengan harga sekitar 1,8 juta rupiah sedangkan untuk hanbok pria dijual dengan harga sekitar 1,5 juta rupiah. Semakin bagus bahan yang digunakan membuat hanbok tersebut, semakin tinggi pula harganya.

Makanan ringan – Pernahkan mendengar tentang mi instan yang memilki ras sangat pedas dari Korea? Selain mie instan pedas, ada pula produk susu pisang dari Korea yang sangat ternama. Berbagai online shoop beramai-ramai menjual produk makanan dan minuman ringan dari Korea ini. Jangan lupa pula untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa karena produk adalah makanan instan dalam kemasan.

Hangwa – Selain membeli makanan ringan khas Korea, jangan lupa untuk membawa kue tradisonal khas korea sebagai oleh-oleh. Hangwa adalah kue yang berbahan dasar tepung beras, madu, minyak wijwn, gula, dan beberapa jenis bahan yang lainnya. Yang membuat hangwa ini menarik adalah pengemasannya dan warnanya yang sangat berwarna-warni. Di Korea, kue ini biasanya disuguhkan pada saat pesta, festival, dan acara-acara penting lainnya. Oleh-oleh yang manis ini bisa jadi teman yang tepat dinikmati bersama secangkir teh.

Figurin Hanbok – Figurin adalah sebuah patung atau boneka yang dapat dijadikan pajangan. Saat berkunjung ke Korea, carilah figurin yang menggunakan hanbok. Figurin berhanbok sangat pantas untuk dijadikan cindera mata. Selain sebagai oleh-oleh, bisa juga memilki figurin hanbok untuk koleksi pribadi. Figurin khas Korea ini ada yang sendiri dan ada juga yang berpasangan.

Soju – Produk ini adalah minuman beralkohol khas Korea. Di Indonesia, soju biasa dijual di restoran yang menjyajikan hidangan Korea. Namun di Indonesia soju dijual dengan harga yang sedikit mahal sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menikmati setiap hari. Bila sedang berplesiran ke Korea, bisa membeli soju sebagai buah tangan yang unik untuk teman-teman. Di Korea bisa dengan mudah menemukanya dengan mengunjungi supermarket atau bahkan toko kelontong. Harga soju di Korea lebih murah dari pada di Indonesia.

Bantal tradisional – Bantal ini hanya bisa ditemui sewaktu berkunjung di Korea. Bantal ini berbentuk balok kecil dan berisi biji gandum. Bantal tradisional ini diklaim sangat baik untuk kesehatan karena biji gandum di dalamnya dapat menopang leher dan kepala lebih baik daripada kapuk. Dengan bantal ini diharapkan bisa memilki kualitas tidur yang baik.

Teh – Korea memilki beberapa jenis teh dengan rasa yang unik. Jenis teh khas Korea ini antara lain teh hijau yang asli dari Pulau Jeju, teh lima rasa (omija), dan teh yang diolah dengan beras. Tak sulit memamng untuk membeli oleh-oleh yang satu ini tinggal pergi ke mini market atau toko khusus yang menjual aneka teh bisa mendapatkan teh yang dicari.

Itulah daftar mengenai oleh-oleh atau buah tangan yang bisa diberikan kepada teman, saudara, ataupun keluarga usai plesir ke Korea Selatan. Jangan lupa untuk memperhatikan uang saku karena membeli oleh-oleh tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit.