Perhatikan Dapur Demi Kesehatan, Ini Waktu Ideal Mengganti Spons Cuci Piring

0
626

Perhatikan-Dapur-Demi-Kesehatan,-Ini-Waktu-Ideal-Mengganti-Spons-Cuci-Piring

Kabarmaya.co.id – Membahas kebutuhan di dapur memang tak ada hentinya, mulai dari peralatan masak yang harus lengkap, tempat yang ideal untuk memasak, serta kebersihan dari makanan yang disajikan nantinya. Yang akan dibahas untuk saat ini adalah alat untuk mencuci piring, tentunya semua tahu bahwa untuk mencuci piring mengunakan kain, spom, maupun penggosok. Semua itu bertujuan untuk membersihkan sisa makanan atau menjaga kebersihan dari alat dapur dan alat makan usai digunakan.

Spons atau yang digunakan untuk mencuci piring atau peralatan makan lainnya sudah seharusnya menjadi perhatian demi untuk menjaga kesehatan. Rata-rata orang mengganti spons jika belum rusak parah, tidak ada penetapan waktu yang dijadwalkan untuk mengganti. Sebuah studi baru yang diplubikasikan dalam Scientifik Reports mungkin akan membuat Anda ingin mengubah kebiasaan dengan mengganti spons yang terlalu lama digunakan.

Tim peneliti di Jerman menganalisa 14 spons daur ulang yang dikumpulkan dari spons rumahan limbah rumah tangga. Diketemukan fakta bahwa spons tersebut menyimpan jumlah bakteri yang sanggat tinggi. Tadinya mungkin tidak digubris ada saran yang mengatakan untuk rajin mengganti spons, tetapi dari hasil studi itu disarankan untuk mengganti spons seminggu sekali untuk mencegah kuman yang sangat tinggi di spons tersebut.

Penelitian sebelumnya juga menunjukan bahwa spons dapur memang mengandung bakteri koliform dengan jumlah tertinggi dari yang ditemukan pada kotoran manusia dan hewan. Hal ini juga menunjukan bahwa spons mengandung bakteri pathogen, jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit seperti escherechia coli dan salmonella.

Sebenarnya dapur memilki lebih banyak mikroba dari pada toilet, terutama terletak pada sponsnya. Spons bisa dibilang adalah sumber terbesar bakteri aktif di seluruh rumah. Untuk menjaga kesehatan tentunya tidak ingin ini menjadi sumber malapetaka kesehatan, maka haruslah mengikuti saran untuk mengganti spons tepat pada waktunya. Dengan berbagai penelitian di atas sudah menunjukan bahwa perlunya mengganti spons seminggu sekali.