Penyebab Keguguran Pada Awal Kehamilan

0
713

Penyebab-Keguguran-Pada-Awal-Kehamilan

Kabarmaya.co.idKetika sudah menunggu kehadiran buah hati dalam waktu yang lama, tetapi setelah itu harus mengalami keguguran memang suatu hal yang tidak diinginkan. Keguguran adalah hilangnya atau keluarnya janin dari dalam rahim sebelum waktunya. Keguguran ini merupakan suatu hal yang tidak bisa dielakan dari sebuah kehamilan. Maka dari itu ketika masa hamil, ibu tidak boleh stress karena bisa memicu keguguran lebih tinggi.

Keguguran lebih banyak terjadi pada trimester pertama atau pada umur 1 sampai 2 bulan, pada masih ini janin masih rawan. Berikut ini akan diberikan ulasan tentang penyebab keguguran pada awal kehamilan.

Kondisi Ibu Yang Tidak Sehat

Kondisi ibu sangat berpengaruh sebagai penyebab keguguran pada awal kehamilan. Pada saat hamil sang ibu harus bisa menjaga kondisi badanya, apalagi di musim yang hujan dan pancaroba badan ibu lebih mudah terkena sakit. Pada saat badan ibu panas tinggi, janin tidak bisa menerima suhu badan dari sang ibu sehingga kemungkinan keguguran akan lebih besar. Selain itu ketika ibu pusing atau flu ini juga sangat mempengaruhi kondisi bayi di dalam janin. Oleh karena itu ketika di awal masa kehamilan, ibu harus selalu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, vitamin dan lain sebagainya supaya badan bisa lebih sehat dan bugar.

Rahim Yang Lemah

Penyebab keguguran pada awal kehamilan selanjutnya adalah kondisi rahim yang lemah. Kondisi ini memang umum terjadi pada sebagai wanita. Hal ini dikarenakan kondisi dinding rahim yang tipis, sehingga kemungkinan keguguran akan lebih besar jika tidak dijaga dengan baik. Untuk kondisi seperti ini sang ibu harus lebih banyak istirahat atau bed rest, terutama ketika usia janin di bawah 22 minggu. Untuk ibu yang mengalami hal ini, tidak boleh terlalu banyak bergerak, bekerja terlalu berat, stress dan masih banyak lainnya. Ibu harus banyak konsumsi vitamin untuk menguatkan kondisi rahim.

Pola Hidup Yang Tidak Sehat

Hal ini terjadi karena ibu yang tidak menjaga kesehatan badan dan janinnya sendiri. Pola hidup yang tidak sehat memang menjadi penyebab dari keguguran seperti merokok, konsumsi alkohol, konsumsi makanan penyebab keguguran dan masih banyak lainnya. Hal ini biasanya terjadi pada ibu hamil yang memang tidak begitu menginginkan kehamilannya atau karena memang sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa dihilangkan. Jika hamil dan ingin janin sehat, ibu harus menghindari berbagai pola hidup yang buruk.

Kehamilan Yang Tidak Ketahui

Penyebab keguguran pada awal kehamilan bisa disebabkan karena ibu tidak tahu bahwa dirinya sedang hamil. Biasanya ini terjadi pada ibu yang mengalami hamil pertama, jadi mereka tidak tahu bahwa dirinya sampai hamil sampai masuk ke minggu ke 5 atau ke 6. Jadi ketika mereka tidak tahu bahwa dirinya hamil, ibu bisa melakukan apa saja yang biasa dilakukan. Jika melakukan hal-hal tersebut, bisa jadi membuat janin menjadi keguguran. Jadi setelah mengetahui telat datang bulan segeralah melakukan pemeriksaan.

Itulah beberapa penyebab keguguran pada awal kehamilan. Sebenarnya masih banyak sekali penyebab keguguran, seperti mengidap penyakit berbahaya, usia yang terlalu tua atau usia yang terlalu muda bagi ibu, infeksi, pernah mengalami keguguran sebelumnya, masa kehamilan yang terlalu dekat dan masih banyak lainnya. Jika ingin mempunyai janin yang sehat, selalu jaga kesehatan badan supaya janin bisa tubuh dengan sehat hingga dilahirkan.

Loading...