Home Info Kesehatan 7 Penyakit Berbahaya Yang Menjangkit Wanita Indonesia

7 Penyakit Berbahaya Yang Menjangkit Wanita Indonesia

1278
0

Tips-Mengatasi-Keputihan-di-Daerah-Kewanitaan

Kabarmaya.com – Penyakit mematikan dan berbahaya bisa menjangkit siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Namun menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan Indonesia menyatakan ada beberapa penyakit yang paling banyak dialami oleh wanita di Indonesia.

Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama SpP (K), MARS, DTM&H, DTCE selaku kepala Balitbangkes menyampaikan bahwa umunya penyakit yang di derita wanita tak jauh beda dengan yang diderita kebanyakan pria. Namun wanita akan cenderung mengalami beberapa penyakit-penyakit mematikan berikut ini jauh lebih sering dibandingkan pria.

1. Penyakit arteri koroner – Penyakit arteri koroner yang biasanya disebut juga jantung iskemik merupakan keadaan dimana terjadi penyumbatan parsial aliran darah ke jantung. Jika hal tersebut terjadi terlalu sering maka serangan jantung akan mudah terjadi. Masih berhubungan dengan darah dan jantung, wanita biasanya juga sering menderita hipertensi. Hipertensi yang muncul bisa saja menimbulkan kerusakan ginjal, pendarahan pada retina mata, pecahnya pembuluh darah di otak, sampai stroke atau cerebrovascular disease (CVD) yang terjadi karena terlambatnya suplai darah ke otak.

2. Diebetes Melitus – Masalah obesitas dan diabetes kini tengah marak terjadi di tengah masyarakat. Apalagi di Indonesia, diprakirakan Indonesia menjadi Negara nomor empat dunia perihal jumlah penderita diabetes dibawah China, India, dan Afrika Selatan.

3. Penyakit pernapasan – Banyak wanita Indonesia yang terkena penyakit pernapasan seperti penyakit saluran napas kronik (chronic lower respiratory disease) termasuk asma, bronkhitis kronik dan emphysema Emphysema sendiri adalah kondisi dimana paru-paru rusak akibat merokok.

4. Pneumonia – Masih berkaitan dnegan masalah paru-paru, Pneumonia (paru-paru basah) sering menjangkit wanita. Pneumonia muncul akibat infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Tanda-tanda terkena pneumonia sendiri bisa berupa gejala awal seperti pilek yang dimulai dengan demam dan batuk, pernapasan pendek, berkeringat, nyeri dada, berdahak dan menggigil.

5. Gastroenteriti – Penyakit ini merupakan  suatru penyakit peradangan yang terjadi pada saluran pencernaan yang bisa membuat lambung dan usus kecil bermasalah. Biasanya akan ditandai dengan gejala mirip diare, muntah, dan sakit serta kejang perut.

6. Liver – Liver atau penyakit hepatitis merupakan penyakit yang penularannya sangat pesat sekali. Selain dapat menular dari manusia ke manusia penyakit ini juga disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Di Indonesia, penderita hepatitis tipe B dan C berjumlah 28 juta orang.

7. Neoplasm breast – Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang payudara wanita. Lebih lanjutnya penyakit ini bisa menimbulkan penyakit mematikan dan berbahaya seperti tumor dan kanker payudara.

Loading...