Home Info Kesehatan Perhatikan! Ini 5 Gejala Tanda Diabetes Melitus

Perhatikan! Ini 5 Gejala Tanda Diabetes Melitus

1888
0

Ini-Dia-Jenis-Pepaya-Yang-Diijinkan-Bagi-Penderita-Diabetes

Kabarmaya.com – Diabetes kini menjadi penyakit yang sering dijumpai di tengah-tengah masyarakat. Diabetes terjadi karena pola hidup yang tidak sehat yang menyebabkan kadal glukosa (gula) dalam darah meningkat. Penyakit seperti ini juga harus diwaspadai supaya tidak terlambat dalam penanganannya.

Di dalam dunia medis terdapat dua tipe diabetes, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 atau yang lebih dikenal dengan istilah diabetes mellitus. Dilansir dari Boldsky, berikut ini merupakan ciri-ciri seseorang penderita diabetes melitus.

1. Sering buang air kecil (Poliuria) – Seringnya membuang air kecil bukan semata-mata hal normal yang dilakukan tubuh. Peristiwa tersebut terjadi karena organ ginjal di dalam tubuh sudah mulai bekerja keras untuk menyingkirkan glukosa berlebih dari darah.

2. Rasa haus yang berlebihan (Polidipsia) – Dikarenakan tubuh sering membuang cairan melalui air kencing, tubuh akan kekurangan cairan dan menyebabkan cepat merasa haus. Selain itu mulut juga akan menjadi kering. Di dalam mulit yang kering bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri dan sumber masalah penyakit mulut dan gigi.

3. Peningkatan rasa lapar (Polyphagia) – Meningkatnya rasa ingin makan juga merupakan salah satu tanda menderita diabetes melitus. Karena di dalam tubuh sel-sel tidak mendapatkan cukup gula, sehingga berakibat sering merasa lapar.

4. Kenaikan dan penurunan berat badan yang signifikan – Pada orang dewasa biasanya datangnya diabetes melitus ditandai dengan kenaikan atau penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan. Hal ini dikarenakan insulin tidak dapat mengangkut glukosa ke dalam sel, tubuh bereaksi seolah-olah tubuh dalam keadaan lapar dan mulai menggunakan protein dari otot.

5. Kelelahan – Sering lelah disebabkan oleh kadar glukosa yang rendah dalam sel. Penderita diabetes mellitus biasanya juga memiliki tidur malam yang tidak baik. Karena kelelahan yang berlebihan justru akan menganggu kenyamanan tidur.

Baca juga:

Obati Diabetes Dengan Cara Herbal Menggunakan Biji Rambutan

Diabetes? Cegah Dengan 5 Buah Manis Ini!

Ternyata Telur dan Keju Kurangi Resiko Terkena Diabetes

Ini Dia Jenis Pepaya Yang Diijinkan Bagi Penderita Diabetes

5 Manfaat Semut Jepang, Obat Untuk Banyak Penyakit

Loading...