Home Uncategorized 5 Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami

5 Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami

873
0

5-Cara-Mengatasi-Bau-Mulut-Tak-Sedap-Secara-Alami

Kabarmaya.com – Selain mengganggu kenyamanan diri sendiri bau mulut tak sedap kadang juga menganggu orang lain. Keadaan itulah yang biasanya akan menyebabkan seseorang mengalami penurunanan tingkat kepercayadirian. Bahkan masalah bau mulut akan menyebabkan orang menjauh dan enggan berbicara.

Bau mulut dipicu dari berbagai macam hal, namum umunya bau mulut timbul akibat gas yang diproduksi oleh bakteri yang bersarang di rongga mulut. Baik itu di sekitar gigi, gusi maupun lidah. Gas semacam itu kemudian disebut dengan halitosis.

Jangan minder dan cepat khawatir, masalah bau mulut ternyata masih bisa ditanggulangi dengan cara yang alami tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Dan satu yang paling penting, rawatlah rongga mulut seperti menggosok gigi sesering mungkin untuk menghindari bau mulut.

1. Hindari kegiatan merokok – Merokok merupakan salah satu kegiatan merugikan yang dapat menganggu kesehatan rongga mulut. Tidak hanya merokok, mengkonsumsi alkohol juga berdampak yang sama. Bahkan alkohol bisa berpengaruh pada produksi air liur yang membawa bakteri berkumpul di rongga mulut.

2. Teh hijau – Mengkonsumsi teh hijau selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan juga berfungsi untuk menghilangkan bau tak sedap pada mulut. Karena di dalam teh hijau mengandung polifenol sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

3. Konsumsi buah stroberi – Manfaat buah stroberi ternyata sangat beragam. Selain mengandung banyak vitamin C yang berfungsi sebagai pencegah panas dalam, kandungan vitamin C di dalam stroberi juga bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Perbanyak konsumsi stroberi agar masalah bau mulut tak sedap tidak muncul kembali.

4. Berkumur – Selain menggosok gigi, biasakan untuk membersihkan mulut dengan cara berkumur. Berkumurlah menggunakan cuka sari apel, walaupun rasanya asam, namun rasa asam itulah yang kemudian akan menyembuhkan masalah bau mulut. Caranya dengan menambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam gelas kumur kemudian kumurlah seusai makan.

5. Mengkonsumsi kayu manis – Kayu manis biasanya digunakan sebagai penyedap di beberapa jenis masakan. Karena aromanya memang sangat keras sehingga bisa membantu menghilangkan aroma mulut yang tidak sedap.

Selain menggunakan cara-cara di atas, jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih agar mulut tidak kering. Karena pada mulut yan gkering akan menyebabkan bakteri bersarang dan berkembang biak di dalam rongga mulut.

Loading...