Home Info Kesehatan 5 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh

953
0

5-Manfaat-Asam-Jawa-Bagi-Kesehatan-Tubuh

Kabarmaya.com – Buah yang bernama latin Tamarindus indica ini mempunyai bayak manfaat di kehidupan manusia. Di dunia kuliner saja, asam jawa banyak digunakan untuk menyedap rasa di beberapa jenis masakan. Tak hanya itu, ternyata asam jawa juga mempunyai manfaat besar bagi kesehatan tubuh manusia.

Peranan buah masam ini kadang dianggap sepele, namun nyatanya banyak khasiat yang dihasilkan dari mengkonsumsi buah ini. Diperkirakan sampai di kawasan Asia 5.000 tahun lalu, berikut ini adalah 5 manfaat asam jawa untuk kesehatan:

1. Mengontrol berat badan – Makanan yang berasa asam memang identik dengan menurunkan berat badan bagi yang mengalami kelebihan berat badan. Asam Jawa sendiri mempunyai senyawa asam hidroksisitrat yang berfungsi membantu menghambat enzim dalam tubuh yang menyimpan lemak. Asam jawa juga sudah terbukti bisa menekan nafsu makan manusia jika dikonsumsi setiap hari.

2. Sistem kekebalan tubuh – Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan adanya antioksidan di dalam asam jawa membuat buah ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan senyawa yang sama asam jawa juga bisa mencegah datangnyya jamur dan mikroba jahat lainnya.

3. Fungsi saraf – Selain vitamin C, asam jawa juga mempunyai kandungan vitamin B kompleks yang bisa digunakan untuk meningkatkan fungsi saraf dan pengembangan otot, yaitu untuk membantu tubuh agar tetap aktif.

4. Anti-peradangan – Sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh asam jawa berfungsi untuk mengurangi nyeri yang terjadi pada persendian serta peradangan, arthritis, kondisi rematik, dan asam urat. Buah ini juga dapat mengurangi iritasi mata.

5. Jantung – Fungsi lain dari asam jawa yang sangat penting adalah untuk kesehatan jantung. Asam Jawa sendiri terbukti efektif untuk mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah. Antioksidan yang terkandung di dalamnya akan mencegah datangnya radikal bebas yang dapat memicu kanker serta serangan jantung.

Keterangan di atas adalah 5 manfaat dari mengkonsumsi asam jawa bagi kesehatan tubuh. Namun yang perlu diingat, asam jawa tidak boleh dikonsumsi saat tubuh sedang mengkonsumsi aspirin atau obat sejenis pengencer darah.

Loading...