Home Info Kesehatan Daftar Camilan Sehat Untuk Anak-Anak

Daftar Camilan Sehat Untuk Anak-Anak

1033
0

Pentingnya-Fase-Merangkak-Pada-Masa-Pertumbuhan-Bayi

Kabarmaya.com – Bagi orang tua yang mengaku peduli dengan tumbuh kembang anak, pastinya harus memperhatikan asupan gizi apa saja yang masuk ke dalam tubuh anak. Tidak hanya untuk makanan berat saja, bahkan untuk makanan selingan atau yang lebih sering disebut camilan saja orang tua harus ketat dalam mengawasinya.

Untuk memilih camilan sehat untuk anak-anak, usahakan untuk tidak memilih samilan yang mengandung MSG tinggi. Jaman sekarang, biasanya orang tua lebih sering mebelikan camilan instan untuk anak karena dirasa praktis dan higienis. Namun dengan makanan seperti itu anak justru semakin ketagihan dan tidak bisa berhenti dari cemilan yang merusak jaringan tubuh tersebut.

Jangan sering mencoba-coba makanan untuk kesehatan anak. Pastikan camilan yang diberikan merupakan camilan sehat. Seprti yang dilansir pada Timesofindia, ada empat macam camilan sehat yang bisa disuguhkan kepada anak.

Buah dan sayuran – Biasakan anak-anak untuk mengkonsumsi buah dan sayuran selain memakan makanan berat seperti karbohidrat. Karena di dalam buah dan sayuran banyak terkandung nutrisi yang diperlukan tubuh. Usahakan berikan buah dan sayur kepada anak setiap hari, ganti buah setiap harinya supaya anak tidak cepat merasa bosan. Buah dan sayur nyatanya lebih sehat dari pada snack yang dijual secara instan.

Kacang – Selain buah dan sayuran, kacang juga memiliki kalori yang baik untuk tubuh. Ada beberapa jenis kacang yang disarankan diberikan kepada anak untuk camilan, misalnya kacang tanah, pistachio, almond, kenari dan kacang mede. Berikan kacang tersebut tanpa menambahkan rasa apapun, karena penambahan rasa asin atau sebagainya akan membuat anak ketagihan dengan rasa tersebut.

Yogurt – Susu sangat baik untuk tubuh yang terdapat pada daftar menu empat sehat lima sempurna. Tidak hanya itu, produk olahan susu seperti yogurt juga bisa diberikan kepada anak untuk camilan sehari-hari. Di dalam fermentasi susu ini terkandung bakteri probiotik yang melancarkan sistem pencernaan anak-anak. Apalagi jika yogurt dikombinasi dengan potongan buah kecil agar anak bisa sekaligus mendapatkan vitamin yang terkandung dalam buah.

Smoothies – Ada minuman yang bisa diberikan kepada anak nsebagai camilan selain yogurt. Adalah smoothies, yaitu minuman segar dan bergizi yang terbuat dari kombinasi buah dengan yogurt atau susu. Smoothies cenderung disukai anak-anak karena warnanya menarik yang berasal dari warna alami dari buah. Rasanya pun tidak kalah enak dengan yogurt.

Loading...