Home Info Kesehatan Stroke Dipengaruhi Oleh Depresi?

Stroke Dipengaruhi Oleh Depresi?

865
0

Stroke-Dipengaruhi-oleh-Depresi

Kabarmaya.com – Penyakit stroke merupakan suatu penyakit yeng menyerang syaraf. Biasanya lama kelamaan penderita akan kehilangan fungsi tubuhnya seperti halnya orang lumpuh. Tak hanya itu kemampuan yang lain misalnya berbicara juga akan berkurang bergantung pada tingkat keseriusan stroke. Sebenarnya apa saja penyebab stroke terjadi?

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena stroke. Namun menurut studi terbaru dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, mereka menyebutkan bahwa depresi jangka panjang bisa melipatgandakan risiko stroke pada orang dewasa, khususnya usia di atas 50 tahun.

Penelitian ini sebelumnya pernah dilakukan pada tahun 2013, untuk penyempurnaan penelitian ini dilakukan kembali. Pada penelitian pertama disimpulkan bahwa wanita paruh baya memiliki risiki stroke sebanyak dua kali lipat dengan keadaan depresi. Selain faktor usia, banyak faktor lagi yang mempengaruhi misalnya status sosial ekonomi, gaya hidup dan aktivitas fisik lainnya.

Perawatan penderita stroke di rumah sakit tidak sepenuhnya memberikan kelegaan terhadap penderita. Penelitian menyebutkan sekitar dua pertiga penderita stroke akan mengalami depresi dan kecemasan tinggi usai keluar dari rumah sakit.

“Ini adalah studi pertama yang mengevaluasi bagaimana perubahan gejala depresi dapat memprediksi perubahan risiko stroke,” jelas Paola Gilsanz, peneliti dari Yerby Postdoctoral Research Fellow di Harvard Chan School.

Depresi ternyata membawa dampak yang serius bagi kesehatan. Jika mengalami depresi segeralah memperbaiki diri pribadi atau dengan bantuan orang lain.

Loading...