Home Info Kesehatan Manfaat Kulit Manggis Untuk Ambeien

Manfaat Kulit Manggis Untuk Ambeien

1043
0

Manfaat-Kulit-Manggis-Untuk-Ambeien

Kabarmaya.com – Buah manggis ternyata tidak hanya enak dimakan buahnya, namun kulitnya pun juga bermanfaat bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah mengobati penyakit wasir atau lebih sering dikenal dengan sakit ambeien.

Ambeien adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Dalam kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat.

Penyakit ambeien sendiri disebabkan oleh melebar atau membekaknya tiga pembuluh darah balik (arteria) di anus. Akibatnya timbullah rasa nyeri di sekitar anus. Ini bemula akibat faktor keturunan ataupun pola diet yang tidak seimbang. Kesibukan yang membuat stres juga bisa memicu munculnya ambeien.

Ambeien dapat diobati dengan berbagai cara, mulai dari pengobatan biasa hingga operasi pemotongan pembuluh darah. Dengan adanya kulit manggis, penderita ambeien disuguhi cara alternatif penyembuhan ambeien. Berikut ini adalah macam-macam kegunaan kulit manggis untuk penderita wasir atau ambeien.

1.     Anti Peradangan Dan Antiinflamasi. Ekstrak kulit manggis mengandung zat anti peradangan dan antiinflamasi sehingga sangat bermanfaat bagi penderita ambeien. Nama zat tersebut adalah xanthone, dimana zat tersebut mempunyai dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan tersebut berfungsi untuk menghentikan peradangan yang terjadi pada ujung anus.

2.    Meningkatkan Daya Tubuh. Bagi penderita ambeien, perlunya meningkatkan daya tahan tubuh sangatlah penting. Hal tersebut akan membantu tubuh untuk menolak berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. Peningkatan daya tubuh akan mengurangi rasa sakit pada ujung anus ketika terjadi ambeien.

3.    Pola Hidup Sehat. Mengkonsumsi ekstrak kulit manggis termasuk ke dalam memakan berbagai jenis gizi yang dibutuhkan oleh tubuuh. Misalnya saja mineral dan vitamin yang juga terkandung pada kulit manggis tersebut. Membiasakan mengkonsumsi jus masnggis atau ekstrak kulit manggis, akan membantu hidup Anda menjadi sehat. Polal hidup sehat adalah tiang utama untuk mencegah segala penyakit yang akan menyerang.

Untuk penderita ambeien, konsumsilah kulit manggis yang sudah diekstrak. Bisa dibuat dengan sendirinya yaitu dengan mengambil kulit manggis dan mengeringkannya, atau dengan membeli ekstraknya yang sudah banyak di jual di toko-toko obat terdekat. Mengkonsumsi ekstrak kulit manggis dengan teratur akan membuat rasa nyeri saat BAB hilang secara bertahap.

Loading...