Home Informasi Travel Menilik Masjid Jami, Karya Sederhana Ir.Soekarno

Menilik Masjid Jami, Karya Sederhana Ir.Soekarno

2612
0
Menilik-Masjid-Jami-Karya-Sederhana-Ir.Soekarno-
Masjid Jami, Bengkulu

Kabarmaya.com – Masjid sederhana yang terletak di Jalan Soeprapto, Bengkulu ini disinyalir sebagai buah karya Presiden Republik Indonesia pertam, Ir. Soekarno. Masjid yang diberi nama masjid Jami ini dulu terletak di wilayah makam Sentot Ali Basya, namun sekarang lokasi masjid sudah dipindah ke Jalan Soeprapto.

Dulunya masjid ini pernah dipergunakan Bung Karno mengajar Muhammadiyah saat mengalami masa pengasingan di Bengkulu tahun 1938-1942. Saat itu kondisi bangunan ini sudah tak layak untuk tempat belajar, selanjutnya Bung Karno bergegas mendesain ulang konstruksi bangunan yang notabene berbahan kayu itu.

Desain masjid ini pun memakai filosofi-filosofi yang ada di agama Islam. Atapnya dibuat bentuk limas dengan tiga lapisan yang menyimbolkan iman, islam, dan ihsan.

Bangunan Masjid Jami Bengkulu terdiri dari tiga bagian: ruang utama untuk salat, serambi, dan tempat berwudu. Bangunan utama berukuran 14,65 x 14,65 meter dengan tiga pintu masuk. Di dalamnya terdapat mihrab dengan lebar 1,6 meter dan tinggi 2,5 meter. Sebuah mimbar bercorak Istanbul, Turki, berdiri indah di sebelah kanan mihrab.

Sementara, bagian serambi berbentuk persegi panjang dengan ukuran 11,46×7,58 meter. Di luar serambi terdapat sebuah bedug dengan diameter 80 sentimeter. Sementara, bagian tempat wudhu berukuran 8,8×5,5 meter dengan bahan unik, batu kali dan batu karang.

Bagaimana, Anda tertarik mengunjungi masjid bersejarah ini? Aksesnya pun sangat mudah, bahkan bisa dicari menggunakan aplikasi ponsel yang canggih saat ini.

Baca juga:

Tanjung Bira, Sisi Indah Sulawesi Yang Tersembunyi

Mengenal Pulau Kenawa, Surga Sumbawa

Tradisi Penyimpanan Jenazah Masyarakat Toraja, Sulawesi Selatan

Wisata Tradisional Desa Woloan, Gudangnya Rumah Minahasa

Hutan Wisata Batu Putih, Ragam Hayati Menawan Dari Sulawesi Utara

Loading...