Home Info Kesehatan Ternyata, Ini Lho Efek Berbahaya Bagi Kulit Akibat Terlalu Sering Mandi

Ternyata, Ini Lho Efek Berbahaya Bagi Kulit Akibat Terlalu Sering Mandi

579
0

 

Tips-Mudah-Buat-Kulit-Tampak-Cerah-Berkilau
Makin sering mandi, kulit akan semakin kering

Kabarmaya.co.id – Menginginkan tubuh yang bersih dan sehat, tentunya merupakan alasan utama seseorang untuk mandi. Dengan mandi, tubuh akan jauh lebih segar dan juga sehat tentunya. Karena setiap kali melakukan aktifitas terutama aktifitas berat, tubuh akan mengeluarkan keringat. Keringat yang berlebihan tentu saja bisa memicu timbulnya bakteri di kulit kita.

Mandi tentunya adalah hal yang dianjurkan ketika badan kita dirasa kotor. Namun tahukah Anda, ternyata jika berlebih dalam menggunakan sabun saat mandi bisa berbahaya pada kesehatan kulit. Dilansir dari kawankumagz, University of California melakukan penelitian mengenai pengaruh buruk sabun terhadap kulit. Sabun ternyata memiliki pengaruh buruk untuk kulit salah satunya adalah mengurangi jumlah minyak yang secara alami keluar dari tubuh. Hal itulah yang membuat kulit kadang menjadi lebih kering dan kusam. Bukan hanya itu, penelitian ini juga menyimpulkan jika sabun bisa membunuh bakteri baik yang melindungi kulit.

Sebenarnya ada bagian tubuh yang secara alami bisa membersihkan dirinya sendiri, misalnya : punggung, dada, lengan juga tungkai.

“Menyabun di bagian itu tidak terlalu disarankan karena kulit memiliki mekanisme pembersihan sendiri secara alami,” ungkap pakar kulit dan asisten Profesor di University of California, Dr. Casey Carlos.

Menurut Dr. Casey Carlos, ada bagian tubuh yang wajib disabun karena ada beberapa titik di tubuh yang memang sangat kotor dan perlu dibersihkan. Seperti wajah, leher, ketiak, kemaluan, dan sela-sela jari kaki. Bagian tubuh itu memang perlu untuk disabun karena lima titik tersebut adalah bagian terkotor tubuh kita.

Kulit manusia secara alami memang memproduksi minyak untuk mencegah kekeringan pada sel kulit. Selain itu minyak alami tersebut juga untuk melindungi kulit dari infeksi, sebab bagian itu biasanya terdapat bakteri baik yang melindungi kulit tubuh. Jadi makin sering mandi, minyak yang ada di kulit makin berkurang sehingga akan membuat kulit menjadi kering.

Baca juga :

Tips Memilih Sabun Muka yang Cocok untuk Kulit Wajah Berjerawat

Ingin Kulit Sehat & Cantik ? Ikuti 6 Langkah di Bawah Ini!

Loading...