Home Info Kesehatan Waspadai Beberapa Tanda Pada Kuku Ini Bisa Jadi Tanda Jika Tubuh Terserang...

Waspadai Beberapa Tanda Pada Kuku Ini Bisa Jadi Tanda Jika Tubuh Terserang Penyakit

662
0

kuku

Kabarmaya.co.id – Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang dianggap penting. Kuku ternyata juga memancarkan aura kecantikan sendiri terhadap wanita. Karena itu, sering kali kuku mendapatkan perawatan khusus yang sama seperti bagian tubuh lainnya.

Tak hanya perawatan, tetapi kuku juga dihias dan diwarnai secantik mungkin. Sayangnya, pewarna kuku tak selamanya aman untuk kesehatan kuku kita loh guys. Karena beberapa hal, kuku bisa berubah menjadi rusak atau bahkan rapuh sampai berubah warna. Hal ini perlu diwaspadai, karena bisa jadi kita mengalami kesehatan lainnya. Nah, berikut ini adalah tanda-tanda yang ditimbulkan pada kuku, yang berarti kita sedang mengalami masalah kesehatan lainnya.

Garis Gelap di Kuku Pertanda Kanker Kuku

Dari semua tanda pada kuku, mungkin yang paling berbahaya adalah garis hitam yang ada pada kuku. Garis hitam berbahaya, kenapa? Karena kuku yang gelap menandakan sel melanoma ganas yang sedang berkembang di kuku. Nah, melanoma inilah yang menyebabkan kanker pada kuku kita. Jika muncul garis gelap pada kuku kita, lebih baik segera periksakan kedokter ya guys.

Kuku Pucat Pertanda Diabetes

Kuku yang sehat biasanya memiliki warna yang merah muda, terang, cerah dan juga terlihat mengkilat. Jika kuku kita tak lagi berwarna seperti itu, bahkan warnanya terlihat hanya pucat, bisa jadi kita mengalami gejala diabeter guys. Nah, untuk itu jaga pola makan berlebih dan selalu cek kesehatan kuku ya guys.

Ada Bintik Putih dan Rapuh Pertanda Anemia

Seperti beberapa contoh diatas, jika kuku sehat akan berwarna merah muda. Namun jika kuku kita terdapat bintik putih yang sangat jelas, itu tandanya kita mengalami Anemia. Anemia atau yang biasa disebut kekurangan sel darah merah, terjadi akibat rendahnya tingkat zat besi yang membuat oksigen menjadi tak memadai dalam darah. Hal tersebut bisa menyebabkan kulit dan jaringan menjadi pucat, terutama jaringan di bawah kuku kita nih guys.

Berwarna Kuning atau Kecoklatan Pertanda Terkena Infeksi Jamur

Memiliki kuku yang sehat merupakan idaman setiap orang kan guys? Termasuk para wanita. Namun, kuku ternyata juga bisa berubah warna menjadi kuning atau bahkan kecoklatan. Kita harus hati-hati nih jika kuku memiliki tanda-tanda tersebut. Karena tubuh kita sedang mengalami beberapa masalah kesehatan. Diantaranya infeksi jamur, buruknya sirkulasi darah, atau sedang melemahnya sistem imun kita.

Nah, gimana guys? kuku kamu masih tergolong kuku yang sehat kan? Jika kuku mengalami beberapa masalah yang cukup berat seperti timbul garis hitam, segeralah kedokter untuk konsultasi lebih lanjut. Namun jika kuku menunjukkan beberapa bahaya yang tak terlalu berat, sebaiknya jaga pola hidup dan pola makan yang sehat ya. Karena kesehatan pada kuku juga menandakan jika diri kita sehat.

Baca Juga :

Cara Ampuh Mengatasi Bau Kaki dengan Teh

Memutihkan Kulit Ketiak dengan Susu Murni dan Yogurt

Ingin Keramas Agar Rambut Lebih Lembut? Ini Rahasianya..

Loading...