Home Info Kesehatan Tips Jantung Sehat Dan Kuat

Tips Jantung Sehat Dan Kuat

908
0

Kuatkan-Jantung-Dengan-Rajin-Konsumsi-Kacang-Tanah

Kabarmaya.com – Penyakit jantung merupakan pembunuh no 1 di dunia. Setiap tahunnya tercatat sekitar 17 juta jiwa melayang karena penyakit ini. Mengingat fungsi jantung sangat vital terhadap tubuh, jangan sekali-kali meremehkan penyakit ini. Sesekali penderita mengabaikan kesehatan jantungnya demi mendapatkan kesenangannya.

Misalnya saja selalu melakukan hal yang dilarang, merokok misalnya. Sebenarnya penderita sakit jantung harus menjauhi barang berasap ini. Tidak hanya penderita sakit jantung, bahkan semua orang dihimbau untuk menjauhi rokok dan asapnya.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Sebelum Anda terkena penyakit jantung, lebih baik Anda menjaga kesehatan jantung dengan pola hidup sehat. Sehat dan kuatnya jantung tergantung dari diri sendiri, bagaimana ia merawat organ vital dalam tubuhnya.

1.    Jaga kolesterol dalam tubuh Anda, caranya dengan makan makanan yang tidak mengandung kolesterol yang tinggi. Lebih baik konsumsi makanan berserat, protein dan omega 3 seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, susu dan beberapa jenis ikan seperti salmon dan tuna. HIndari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti daging merah dan kuning telur.

2.    Imbangi zat masuk dalam tubuh dengan zat yang dikeluarkan tubuh. Salah satunya dengan melakukan olahraga teratur setiap harinya. Tidak perlu olahraga yang berat, lakukanlah olahraga yang ringan-ringan asalkan dilakukan dnegan rutin. Sisihkan waktu 30 menit setiap hari untuk mengeluarkan keringat dan zat racun dari tubuh.

3.    Hindari obesitas, orang yang mempunyai berat badan berlebihan akan mudah terserang penyakit jantung. Maka dari itu jaga pola makan Anda jangan sampai Anda mengkonsumsi banyak lemak yang bisa membuat berat badan Anda naik drastis.

4.    Jika Anda seorang perokok, berhentilah untuk merokok. Jika bukan, hindarilah orang yang menjadi sumber asap rokok. Selain buruk untuk paru-paru, asap rokok juga akan menganggu jantung Anda.

5.    Dan jangan lupa untuk melakukan medical check up ke dokter dengan rutin. Lakukan pengecekan tubuh sebulan sekali, setidaknya ketika jantung Anda terganggu, dokter akan segera mengambil tindakan medis sebelum semuanya memburuk. Periksalah ketika dada Anda mulai nyeri dan sesak.

Di atas adalah cara-cara mudah menjaga jantung agar tetap sehat dan kuat. Hal sederhana ternyata bisa menyelamatkan seseorang dari penyakit yang berbahaya. Sayangi hidup Anda dengan hidup bersama jantung yang sehat dan kuat.

Baca juga:

Cara Diet Sehat Untuk Penderita Penyakit Jantung

Sehatkan Jantung Dengan 5 Buah Ini!

Waspada Bayi Membiru Saat Menangis, Kemungkinan Kelainan Jantung

Kuatkan Jantung Dengan Rajin Konsumsi Kacang Tanah

Obati Diabetes Dengan Cara Herbal Menggunakan Biji Rambutan

Loading...