Home Informasi Travel Tempat Wisata Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

1096
0

Tempat-Wisata-Yogyakarta-Yang-Wajib-Dikunjungi

Kabarmaya.com – Yogyakarta terkenal dengan kebudayaan Jawa yang masih sangat kental. Tak heran jika Yogyakarta menjadi ikon pariwisata di daerah pulau Jawa yang cukup populer. Karena wilayahnya tergolong cukup luas, destinasi wisata yang ditawarkan pun semakin banyak. Jangan sampai ketika hendak berlibur di daerah istimewa ini, Anda bingung menentukan tujuan wisata Anda.

Untuk yang ingin berwisata di Yogjakarta, berikut adalah beberapa destinasi wisata yang disarankan langsung oleh pribumi Yogjakarta. Jangan ketinggalan momen-momen indah di tempat ini yaa..

1.    Wisata Candi. Siapa yang tak kenal candi yang merupakan situs 7 keajaiban dunia yang dimiliki Indonesia, iya itu adalah candi Borobudur. Situs sejarah ini patut Anda kunjungi. Ketika berada disana, rasakan kemegahannya, seakan tidak percaya bahwa bagunan raksasa itu benar-benar ada. Selain itu ada juga candi Prambanan, meski tak sebesar Borobudur candi ini juga manarik untuk dijadikan tujuan wisata Anda. Ada beberapa candi kecil lainnya, misalnya candi Mendut, candi Ratu Boko dan candi Ijo yang bisa dikunjungi di beberapa tempat yang berbeda.

2.    Wisata Pantai. Selain candi, di Yogyakarta juga terkenal dengan keindahan pantainya, khususnya di pantai-pantai daerah Gunung Kidul. Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten yang terletak di Yogyakarta. Anda dapat mengunjungi pantai Drini dan pantai Ngrenehan. Namun demikian hati-hati jika ingin berenang di pantai selatan pulau Jawa ini, karena pantai-pantai yang ombaknya lumayan berarus ini tidak disarankan wisatawan untuk berenang disana.

3.    Wisata Pendakian. Yogyakarta juga mempunyai beberapa gunung yang bisa didaki. Bagi Anda yang berjiwa adventure, Anda bisa mendaki gunung Gunung Api Purba atau Gunung Nglanggeran. Anda dapat menikmati sunset yang indah di sore hari ketika berada di puncaknya. Ada pula Gunung Merapi, namun khusus gunung ini sudah disediakan fasilitas seperti meniki jeep untuk mencapai puncak.

4.    Alun-alun Selatan. Jika hendak mengunjungi alun-alun selatan kota Yogyakarta, sebaiknya Anda mengunjunginya pada malam hari. Pemandangan kelap kerlip lampu di malam hari akan lebih memanjakan mata Anda dengan sedikit ‘mengintip’ mitos tentang pohon beringin kembar yang berada di tengah alun-alun. Disini banyak disediakan mobil-mobil cantik yang dihias sedemikian rupa untuk disewakan bagi pengguna gowes.

5.    Taman Sari. Sempatkan jalan-jalan Anda berhenti di kompleks Taman Sari. Kompleks ini terdiri dari beberapa bangunan, kolam pemandian, kanal air, dan terowongan-terowongan. Arsitektur bangunan di Taman Sari sungguh akan membuat Anda terkagum-kagum. Disini sangat mengasikkan sekali untuk destinasi wisata Yogyakarta.

6.    Wisata Museum Ullen Sentalu.  Museum seni dan budaya Jawa Ullen Sentalu disebut-sebut sebagai salah satu museum terbaik di Indonesia oleh beberapa media di Indonesia. Museum yang terletak di kawasan wisata Kaliurang berfokus pada warisan budaya Jawa yang bersifat tidak berwujud. Museum ini selalu menugaskan pemandu untuk pengunjung museum, biasanya pengunjung dikelompokkan maksimal 25 orang, agar edukasi lebih maksimal.

7.     Tempat Kuliner Khas Yogyakarta. Tidak lengkap jika plesir tanpa merasakan kuliner khas daerah wisata tersebut. Salah satu makanan khas Yogyakarta adalah gudeg. Sayur yang identik dengan rasa manis ini bisa Anda temukan di setiap warung pinggir jalan. Selain itu ada pula nasi brongkos, oseng mercon dan sate klatak adalah beberapa di antaranya.

Baca juga:

Menilik Masjid Jami, Karya Sederhana Ir.Soekarno

Tanjung Bira, Sisi Indah Sulawesi Yang Tersembunyi

Mengenal Pulau Kenawa, Surga Sumbawa

Tradisi Penyimpanan Jenazah Masyarakat Toraja, Sulawesi Selatan

Wisata Tradisional Desa Woloan, Gudangnya Rumah Minahasa

Loading...