Mobile Site

Pantai Pandansari, Primadona Bantul Dengan Pesona Super Lengkap

Wisata 70 View

Pantai-Pandansari,-Primadona-Bantul-Dengan-Pesona-Super-Lengkap

(sumber gambar: liputanbantul.com)

Kabarmaya.co.idTerletak berdekatan dengan samudera Hindia, membuat Kabupaten Bantul menawan dengan banyak pantai yang dapat memanjakan mata. Meskipun berpasir hitam, namun wisatawan tak pernah bosan untuk mengunjungi deretan pantai di Kabupaten Bantul tersebut. Salah satunya adalah Pantai Pandansari. Deburan ombak lembut yang memanjakan telinga dan medan tempuh mudah membuat pantai-pantai di Bantul selalu dipadati pengunjung.

Beberapa dari pengunjung sekedar ingin menghilangkan rasa penat ataupun bersantap kuliner ikan bakar yang dijual di sepanjang pesisir pantai. Pantai Pandansari terletak di Desa Patehan, Gadingsari, Sanden, Bantul. Wisata satu ini berada di deretan pantai lain seperti Pantai Goa Cemara, Pantai Samas, Pantai Pandansimo, dan Pantai Kuwaru. Dari kota Yogyakarta berjarak sekitar 30 KM dan dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam.

Sayangnya, masih belum ada angkutan umum yang dapat mencapai lokasi Pantai Pandansari. Sebutan Pandansari bermula ketika di pantai tersebut banyak pohon pandan yang tumbuh liar. Kalah pamor dengan pantai-pantai di sekitarnya, membuat pantai satu ini sepi dari pengunjung. Meskipun begitu, kondisi fisik yang diberikan justru lebih bersih dan rapi dari pantai-pantai sekitarnya. Jika berkunjung pada pagi hari, Pantai Pandansari menjadi tempat memancing bagi warga sekitar.

Pantai Pandansari menjadi satu-satunya pantai di Yogyakarta yang memiliki mercusuar. Bukan hiasan semata, mercusuar setinggi kurang lebih 40 meter dengan anak tangga melingkar tersebut dapat dinaiki hingga ke puncaknya. Mercusuar Kalajivamasti dibangun pada tahun 1996 dan baru digunakan pada tahun 1997 sebagai tanda atau rambu dan penerangan bagi kapal yang berlayar di malam hari. Hanya dengan merogoh uang sebesar Rp 5.000,00 sebagai dana kebersihan, pengunjung dapat masuk dan menikmati keindahan yang disajikan dari atas.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id