Home Info Kesehatan Ketahui Kesehatan Anda Melalui Warna Urine

Ketahui Kesehatan Anda Melalui Warna Urine

975
0

Ketahui-Kesehatan-Anda-Melalui-Warna-Urine

Kabarmaya.com – Warna urin bisa digunakan untuk mendeteksi bagaimana kesehatan tubuh saat itu. Namun warna urin yang keruh tidak berarti bahwa tubuh tidak sehat. Kadang-kadang kencing merah menunjukkan penyakit ginjal atau infeksi saluran kencing, tetapi juga kemungkinan bahwa Anda baru saja makan makanan dengan pewarna tertentu.

Karena kencing adalah suatu alat yang berguna untuk diagnosis penyakit, Cleveland Clinic membuat infografis tentang warna urin dan indikasi kondisi tubuh yang dapat Anda ingat dan pelajari.

IFLsience menjelaskan bahwa ketika urin berwarna transparan hingga menuju kuning gelap, itu menandakan bahwa tubuh masih dalam kondisi normal. Warna yang transparan adalah tanda bahwa terlalu banyak meminum air, dan ini kondisi paling bagus. Namun, bila urin berwarna kekuningan hingga pekat, ini menjadi pengingat bahwa ginjal kekurangan asupan air.

Perlu diwaspadai ketika urin berwarna kecoklatan, itu pertanda tubuh sedang menderita dehidrasi parah atau penyakit liver. Bila warna urin kemerahan seperti berdarah, kecuali wanita sedang menstruasi atau setelah mengonsumsi makanan berwarna merah, bisa jadi ini karena gangguan ginjal, masalah prostat, atau bahkan tumor.

Adapun ketika urin berwarna ungu, ini dapat mengidentifikasi kondisi porfiria, sebuah gangguan langka yang diwariskan dari sel darah merah, yang disebabkan oleh kekurangan enzim-enzim yang terlibat dalam sintesaheme.

Apabila tes urin Anda bermasalah atau tampak mencurigakan, segera konsultasikan kesehatan Anda kepada dokter yang ahli di bidangnya.

 

Loading...