Home Info Kesehatan Salah Pijat Sang Buah Hati Sebabkan Perdarahan Otak

Salah Pijat Sang Buah Hati Sebabkan Perdarahan Otak

885
0

Salah-Pijat-Sang-Buah-Hati-Sebabkan-Perdarahan-Otak

Kabarmaya.com – Perlunya dilakukan pijat bayi adalah merangsang dan mengoptimalkan tumbuh kembang bayi. Namun tanpa teknik pemijatan yang benar, pijat bayi justru membahayakan, bahkan dapat menimbulkan kematian karena terjadinya perdarahan di otak bayi.

Setidaknya selama 5 tahun terakir 6 bayi telah meninggal dunia di RS Sardjito Yogyakarta karena perdarahan otak akibat kesalahan pijat bayi. Sementara yang mengalami Celebral Palsy atau terganggunya fungsi otak dan jaringan saraf jauh lebih banyak lagi.

“Sebagai dokter anak di Sardjito, selama 5 tahun terakhir saya sudah menjumpai 6 kasus bayi meninggal dunia, dan puluhan kasus celebral palsy, hingga bayi lumpuh, lunglai, hanya bisa nela-nelo karena kesalahan teknik pijat yang dilakukan oleh para dukun bayi,” kata Prof. dr. Sunartini Hapsara SpA (K)

Pijat bayi yang benar sangat bermanfaat bagi perkembangan bayi, terlebih jika dilakukan oleh ibu. Terapi sentuh dan pijat dapat menghasilkan efek fisiologis yang menguntungkan, berupa peningkatan pertumbuhan, peningkatan daya tahan tubuh, dan kecerdasan yang lebih baik bagi anak.

Sayangnya banyak dukun bayi yang sepertinya tidak paham tentang teknik pemijatan pada bayi. Kadang-kadang masih sering dilakukan pemijatan pada kepala bayi. Karena pijat bayi biasanya menjadi satu paket dengan pertolongan persalinan, seringkali teknik pemijatan bayi hampir sama dengan pemijatan terhadap ibu bayi.

Loading...