Home Info Kesehatan Tahukah Anda Pentingnya Tertawa Bagi Kesehatan?

Tahukah Anda Pentingnya Tertawa Bagi Kesehatan?

837
0

Tahukah-Anda-Pentingnya-Tertawa-Bagi-Kesehatan

Kabarmaya.com – Beruntunglah Anda yang mempunyai jiwa-jiwa humoris, karena ternyata humor dan tertawa sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda baik fisik maupun emosional. Tertawa juga bisa membuat Anda tampil awet muda, jadi jangan kaget ketika Anda mendengar istilah ‘Senam Ketawa’.

Ini merupakan obat yang mujarab untuk membuat hati bahagia tidak dirundung kesedihan. Tanpa mengeluarkan biaya, Anda bisa menyehatkan tubuh Anda dengan cara tertawa. Mau tahu apa saja manfaat tertawa untuk tubuh, silahkan simak penjelasan di bawah ini:

1.    Pembuluh Darah. Kegiatan tertawa spontan akan membuat pembuluh darah melebar dan meluas. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan aliran darah yang terjadi di dalam pembuluh darah. Sebuah Jika Anda membiasakan diri Anda untuk tertawa, Anda akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh peneliti asing, Michael Miller.

2.    Kesehatan Emosional. Tertawa ternyata memberikan rangsangan langsung terhadap otak dan syarafnya. Di dalam otak terdapat syaraf pusat emosional dan reward, sehingga dopamine yang dilepaskan akan memproses respons emosional dan meningkatkan rasa senang. Serotonin, yang mengangkat suasana hati serta endorfin yang mengatur rasa sakit dan stres dan menyebabkan euforia.

3.    Tingkat Stres Dan Kecemasan. Bagi Anda yang sering mengalami masalah stress dan cemas berlebihan, biasakanlah untuk melakukan terapi tertawa. Ini bisa memoderasi efek buruk dari stres terhadap kesehatan dan meningkatkan suasana hati yang positif untuk membatalkan emosi negatif.

4.    Sistem Kekebalan Tubuh. Stes dan kecemasan yang berlebihan akan berdampak kepada sistem kekebalan tubuh. Sering stres akan membuat sitem imun tubuh menurut. Itu sebabnya mengapa orang stres dan depresi lebih cepat terserang penyakit dari pada orang yang sering tertawa. Selanjutnya tertawa akan membuat Anda terhindar dari penyakit jantung. Mungkin bagi Anda yang mempunyai penyakit jantung bisa melakukan terapi tawa mulai sekarang.

5.     Sistem Pernapasan. Selain jantung, tertawa juga berguna untuk melancarkan system pernapasan. Dengan tertawa, udara yang masuk dan keluar paru-paru bisa diatur secara mudah. Tawa berkepanjangan membersihkan paru dari residu udara dan menggantikannya dengan yang segar, udara yang kaya oksigen.  Dalam istilah sederhana, ini memungkinkan Anda untuk bernapas lebih dalam, meningkatkan kesehatan pernapasan, terutama bagi yang mempunyai asma.

6.    Interaksi Sosial. Selain baik untuk kesehatan dalam tubuh, tertawa juga bermanfaat bagi kehidupan manusia bersama lingkungan. Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan pernah bisa hidup sendiri, maka dari itu interaksi sesama haruslah tercipta dengan baik. Salah satunya dengan cara memunculkan humor untuk menimbulkan tawa. Ini juga baik diterapkan kepada kehidupan rumah tangga, supaya tercipta kehidupan yang bahagia dan harmonis.

Loading...