Home Informasi Travel Misteri Lobang Jepang, Situs Sejarah Bukittinggi

Misteri Lobang Jepang, Situs Sejarah Bukittinggi

1209
0

Misteri-Lobang-Jepang-Situs-Sejarah-Bukittinggi

Kabarmaya.com – Terowongan bersejarah peninggalan Jepang ini berada di Taman Panorama di pusat kota Bukittinggi. Situs ini, Lobang Jepang, menjadi wisata favorit para pelancong yang kebetulan berdampingan dengan tebing Ngarai Sianok.

Terowongan ini memiliki setidaknya 20 cabang lorong yang setiap cabang dulunya memiliki fungsi masing-masing. Mulai dari ruang penyimpanan senjata, ruang makan tentara Jepang, barak militer, penjara bagi para romusha, serta terowongan darurat yang digunakan untuk melarikan diri bagi tentara Jepang jika goa tersebut ditemukan oleh musuh.

Anehnya ujung terowongan itu mengarah tepat ke jurang Ngarai Sianok. Mungkin yang dipikirkan tentara Jepang kala itu adalah lebih baik bunuh diri dengan terjun ke jurang Sianok daripada tertangkap oleh pasukan musuh.

Tidak ada yang tahu pasti tentang sejarah lobang Jepang ini, namun para ahli memperkirakan terowongan ini dibangun pada tahun 1942 sebagai bungker pertahanan rahasia tentara Jepang saat Perang Dunia II dan perang Asia Raya sedang berlangsung. Goa Jepang ditemukan pada tahun 1946 oleh pemerintah Bukittinggi dalam keadaan yang sangat menyeramkan, karena banyaknya tulang belulang manusia yang berserakan disana.

Misteri Lobang Jepang memberikan daya tarik tersendiri untuk pengunjung yang datang. Rasa ingin tahu membuat para wisatawan ingin memasuki goa jauh lebih dalam. Terbatasnya petunjuk dan papan informasi membuat wisatawan harus menyewa pemandu wisata saat memasuki goa tersebut.

Baca juga:

Pantai Pulau Merah, Pantai Kuta Ala Banyuwangi

Kupang Tawarkan Pilihan Wisata Pantai Yang Mempesona

Tempat Wisata Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

Menilik Masjid Jami, Karya Sederhana Ir.Soekarno

Tanjung Bira, Sisi Indah Sulawesi Yang Tersembunyi

Loading...