Home Informasi Travel Kota Gudang Buku HAY-ON-WYE, INGGRIS

Kota Gudang Buku HAY-ON-WYE, INGGRIS

866
0

Kota-Gudang-Buku-HAY-ON-WYE-INGGRIS

Kabarmaya.com – Kota kecil di perbatasan Inggris ini memang menjadi surga para pencinta buku. Bagaimana tidak, kota kecil yang terletak di pinggiran sungai Wye ini mempunyai banyak sekali toko buku. Terhitung lebih dari 20 toko buku yang sudah berdiri disana.

Kota Hay-on-wye banyak menyediakan toko-toko buku yang menjual buku bekas dan klasik. Uniknya toko yang dibangun di kota tersebut menggunakan konsep klasik yang dipakai sama hampir seluruh toko buku.

Menurut situs Amusing Planet, keberadaan toko buku di Hay-on-Wye dimulai oleh Richard Booth pada tahun 1961. Pria ini mendirikan toko buku bekas yang segera menjadi populer dan diikuti oleh para tetangganya. Hingga saat ini, kota tersebut kedatangan 500.000 pengunjung setiap tahunnya. Walaupun hadirnya online book dan ebook membuat popularitas Hay-on-wye semakin memudar.

Salah satu yang banyak menyedot perhatian pengunjung adalah ‘honesty bookshops’ alias ‘toko buku kejujuran’. Sesuai dengan namanya, konsep toko buku seperti ini adalah pembayarannya yang didasari kejujuran si pembeli.

Honesty bookshop akan dibiarkan berada di luar rumah tanda penjaga toko dan kasir. Yang ada hanya kotak uang di salah satu sudut. Si pembeli hanya perlu meletakkan uang dan mengambil kembalian sendiri.

Hebatnya tak hanya menyediakan buku untuk pengunjung, Hay-on-wye juga rajin mengadakan festival literature setiap tahunnya yang dihadiri oleh 80.000 penulis, penerbit, dan pecinta buku bahkan dari seluruh pelosok negeri.

Baca juga:

Venezuela, Bandara Yang Paling Penting Untuk Diwaspadai

Reed Flute Cave, Wisata China Penuh Warna Warni

Wisata Perpustakaan Tercantik Di Dunia

Daftar 5 Negara Wisata Di Eropa Yang Jarang Dijamah Wisatawan

Menara Eiffel Punya Ruang Rahasia, Dimana?

Loading...