Mobile Site

Berlibur Ke Banyumas, Jangan Lupa Cicipi 5 Makanan Khas Ini!

Wisata 17 View

Berlibur-Ke-Banyumas,-Jangan-Lupa-Cicipi-5-Makanan-Khas-Ini!

Buntil Banyumas (sumber gambar: tempatwisataindonesia.id)

Kabarmaya.co.idBerlibur ke suatu tempat rasanya memang kurang lengkap jika tak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Ini juga berlaku jika Anda mengunjungi daerah-daerah yang ada di Banyumas, Jawa Tengah. Disana, Anda harus mencicipi beberapa makanan. Beberapa makanan di bawah ini mungkin akan jarang Anda temukan di daerah lain.

  1. Buntil Banyumas

Suwondo geni selaku Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga kebudayaan dan Pariwisata Banyumas merekomendasikan salah satu santapan khas Banyumas yaitu buntil. Buntil sendiri merupakan lauk yang berbahan dasar daun pepaya atau daun talas. Isian buntil biasanya terbuat dari ampas parutan kelapa yang ditambah dengan bumbu. Selain itu biasanya juga ada ikan teri, petai cina serta beberapa bumbu lain.

  1. Keong Sawah

Banyumas memang menyimpan banyak sekali makanan khas yang wajib dicoba saat berkunjung ke wilayah tersebut. Salah satu yang cukup menarik yaitu kraca atau yang dikenal dengan keong sawah. Makanan ini sering dikonsumsi oleh masyarakat sekitar, terlebih saat bulan Ramadhan hingga Idul Fitri menjelang. Makanan yang memiliki rasa asin dan pedas ini cocok dimakan sebagai lauk atau sebagai camilan.

  1. Tahu Kupat

Tahu kupat merupakan makanan yang berisi tahu goreng, ketupat, irisan kol, tauge dan juga kuah. Kuah tersebut terbuat dari gula jawa cair dengan bumbu utama yang terdiri dari ulekan gula jawa, kecap, cabai serta bawang putih. Ketika mencicipinya, Anda akan menemukan campuran rasa manis, pedas serta aroma bawang putih yang sangat kuat. Sebagai pelengkap, biasanya juga akan hadir kerupuk mi yang berwarna kuning.

  1. Tempe Mendoan

Banyumas juga memiliki sajian tempe goreng yang khas yaitu tempe mendoan. Diberi nama mendoan karena tempe ini digoreng setengah matang. Sebelum digoreng, tempe diiris tipis kemudian dibumbui. Anda bisa menemukan makanan ini di warung-warung pinggir jalan hingga restoran yang ada di Banyumas.

  1. Soto Sokaraja

Banyumas ternyata juga memiliki sajian soto khas. Menurut penuturan Suwondo, soto yang ada di Banyumas berbeda dengan soto di daerah lain. Itu dikarenakan bumbu yang digunakan memang berbeda. Soto Sokaraja ini menggunakan bumbu kacang dan juga dilengkapi dengan sambal kacang. Soto ini disajikan dengan ketupat, bihun, kacang goreng, kerupuk. Untuk daging, penjual atau pembuat soto bisa menggunakan daging ayam, sapi atau babat. Soto Sokaraja ini biasanya dijual dengan harga Rp 15.000 per porsinya.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id