Home Informasi Teknologi Ingin Saingi WhatsApp, Ini Cara Jitu Pengembang Line Gaet Pasar Tokyo dan...

Ingin Saingi WhatsApp, Ini Cara Jitu Pengembang Line Gaet Pasar Tokyo dan New York

451
0

Ingin-Saingi-WhatsApp-Line-Segera-Singgah-di-Bursa-Tokyo-dan-New-York

Kabarmaya.co.id – Pesan singkat berbasis elektronik kian menjamur seiring perkembangan sosial media di berbagai belahan dunia. Berbagai layanan ditawarkan, mulai dari pesan singkat berbasis teks hingga video call.

Perusahaan aplikasi pesan singkat, Line, akan segera melantai di bursa saham Tokyo dan New York. Aksi korporasi ini guna meraup dana 3 miliar dollar AS untuk memenangi persaingan dengan aplikasi sejenis, yakni WhatsApp dan WeChat.

Mengutip CNBC, Minggu (5/6/2016), proses penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) akan dilakukan pada bulan Juli 2016. Untuk melakukan IPO, Line telah menggandeng Nomura, Morgan Stanley, Goldman Sachs, dan JPMorgan.

Line diluncurkan pada tahun 2011 setelah gempa bumi dan tsunami melanda Jepang mengakibatkan gangguan layanan telepon di Jepang. Kemudian, kepemilikan Line dipegang Naver, perusahaan operator portal internet terbesar Korea Selatan.

Line menghadapi persaingan yang amat ketat dengan WhatsApp, khususnya di Amerika Serikat dan Eropa. Dua pertiga pengguna Line berasal dari Jepang, Taiwan, Thailand, dan Indonesia.

Rencana IPO juga muncul di tengah kekhawatiran pasar bahwa pertumbuhan Line yang pesat perlahan mulai melambat. Line hanya menambah 3 juta pengguna aktif per bulan selama kuartal I 2016.

Basis pengguna Line yang mencapai 25 juta per bulan juga terbilang kecil bila dibandingkan pengguna WeChat di China yang memiliki 650 juta pengguna aktif per bulan dan WhatsApp yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif per bulan.

Dana yang diperoleh dari IPO akan digunakan Line untuk memperkuat pemasaran di pasar-pasar inti. Line juga akan berinvestasi di teknologi.

Baca juga:

Berita Teknologi : Kalah Bersaing, Benarkah Blackberry Gunakan Aplikasi Lain ?

3 HP Samsung Android Paling Murah Bulan Mei 2016

 

Loading...