Home Informasi Selebritis Jadi Aktor Sosial, Reza Rahadian Bantu Masyarakat Sumba Dapatkan Air Bersih

Jadi Aktor Sosial, Reza Rahadian Bantu Masyarakat Sumba Dapatkan Air Bersih

533
0

Film-My-Stupid-Boss-Buktikan-BCL-dan-Reza-Rahadian-Memang-Berjodoh

Kabarmaya.co.id  – Kamis hingga Sabtu (4/6/2016) lalu menjadi kedua kalinya bagi pemain film Reza Rahadian dan Eva Celia menyambangi Waingapu di Kabupaten Sumba Timur. Dua tahun lalu, mereka berdua sempat tinggal di daerah tersebut selama hampir tiga bulan untuk menyelesaikan shooting film Pendekar Tongkat Emas.

Kali ini mereka kembali shooting di kabupaten yang terkenal paling kering di seluruh Nusa Tenggara Timur itu. Namun bukan untuk melakukan proyek film kembali melainkan untuk kegiatan di luar shooting film layar lebar maupun acara sinetron.

Mereka datang sebagai Duta Pengadaan Air Bersih dari Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Program Pembangunan demi membuat film kampanye pemenuhan kebutuhan air bagi warga Sumba Timur.

Menjadi pemandangan umum, di desa-desa setempat tiap pagi-sore anak-anak hingga orang dewasa berjalan berkilo-kilometer naik-turun perbukitan demi mendapatkan 2-5 jeriken air. Air itu digunakan untuk memasak dan minum serta memberi minum ternak. Untuk mandi dan mencuci, itu urusan selanjutnya yang dilakukan jika sempat.

Sejak tiga bulan lalu, Reza bersama Eva menyerukan pengumpulan dana bersama (crowdfund) dari berbagai pihak. Dana itu untuk membantu warga membuat sumur dan memasang pompa bertenaga surya untuk menarik air dari mata air, sungai, atau air bawah tanah.

Dalam dua bulan, kampanye ini menghasilkan lebih dari Rp 340 juta. Jumat pekan lalu, digelar peletakan batu pertama untuk proyek ini di Napu, Kecamatan Haharu.

Bantuan dari berbagai pihak ini diharapkan bisa merangsang pemda setempat untuk mereplikasi kegiatan serupa di desa-desa lain. Ini juga berpotensi membawa efek domino bagi ekonomi warga.

“Ibu-ibu bisa mengerjakan hal lain dan anak-anak bisa tenang belajar tanpa perlu mengambil air terlalu jauh,” kata Reza.

Baca juga:

Syahrini Peluk Cium Reza Rahadian, Pertanda Apa?

Film ‘My Stupid Boss’ Buktikan BCL dan Reza Rahadian Memang Berjodoh

 

Loading...