Home Info Kesehatan 5 Makanan Sehat yang Dapat Bahayakan Tubuh

5 Makanan Sehat yang Dapat Bahayakan Tubuh

602
0

5-Makanan-Sehat-yang-Dapat-Bahayakan-Tubuh

Kabarmaya.co.id Mengkonsumsi segala sesuatu secara berlebihan memnag tidak dianjurkan karena efek buruk yang akan ditimbulkan, sekalipun itu merupakan makanan sehat. Beberapa makanan sehat dibawah ini justru akan menimbulkan efek negatif bagi tubuh jika Anda mengkonsumsinya secara berlebih.

  1. Brazil Nuts (Kacang Brasil)

Kacang yang memiliki bentuk cukup besar ini dipercaya kaya akan kandungan Selenium. Zat ini sangat baik untuk melawan infeksi dan juga berperan penting dalam proses reproduksi. Dalam sehari, sebenarnya tubuh manusia hanya memerlukan sekitar 45 mcg Selenium, namun dengan mengkonsumsi satu kacang Brasil saja, Anda dapat memberikan hingga 90 mcg selenium.

Namun jika Anda mengkonsumsinya lebih dari satu biji dalam satu hari, maka justru dampak buruk yang akan Anda dapatan misalnya msalah kerontokan rambut, gangguan lambung dan juga masalah neurologis ringan hingga serangan jantung dan juga gagal ginjal. Untuk meminimalisir terjadinya segala penyakit tersebut, disarankan untuk mengkonsumsinya sebanyak satu atau dua biji saja dalam satu minggu.

  1. Bayam, bit dan lobak Swiss

Ketiga jenis sayuran ini sebenarnya kaya akan gizi kandungan oksalat. Oksalat sendiri merupakan senyawa alami yang bekerja sebagai prebiotik yaitu memberikan makan pada bakteri baik dalam usus Anda. Namun begitu, sayuran ini justru tidak baik dikonsumsi oleh penderita batu ginjal.

“Ginjal seharusnya menyaring senyawa ini untuk keluar. Tapi pada seseorang yang rentan terhadap batu ginjal, maka ginjal akan memiliki waktu yang lama untuk melakukannya. Dan ini berakibat pada penumpukan dan pembentukan batu ginjal,” kata dokter Jessica Cording, seperti dikutip Womenshealthmag, Rabu (8/6/2016).

  1. Tuna kaleng

Selama ini tuna kaleng selalu menjadi idola karena harganya yang murah, nyaman, praktis dan juga kaya akan kandungan protein. Namun beberapa kasus mengungkapkan jika sebagian dari tuna kalengan tersebut tidak bebas dari merkuri yang tentunya akan sangat berbahaya bagi sistem syaraf dan juga otak janin dan juga anak–anak.

Bahkan jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar, maka efek yang ditimbulkan bisa sampai matai rasa atau kesemutan, gangguan penglihatan dan juga daya ingat yang menurun.

Menurut Costumer Report, batas konsumsi yang aman untuk tuna kaleng yaitu sesuai dengan berat badan Anda. Misalnya berat badan Anda 55 kilogram maka Anda harus mengonsumsi tuna kurang dari 400 gram atau 900 gram per minggu. Dan bagi Anda yang memiliki berat badan 82.5 kilogram, dapat mengoonsumsi 500 gram atau 1.400 gram tuna per minggu.

Jika Anda sedang hamil, menyusui atau sedang program hamil sebaiknya tetap menggunakan pedoman yang telah ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) yakni 1.200 gram per minggu untuk seafood seperti udang, salmon, dan tuna. Sedangkan untuk tuna albacore yang tinggi merkuri sebaiknya dibatasi tidak lebih dari 600 gram per minggu.

  1. Daging, tiram dan kacang merah putih

Ketiga makanan tersebut kaya akan kandungan zat besi yang berperan penting dalam memberikan oksigen ke otot. Apabila Anda kekurangan zat besi, maka akan menimbulkan anemia dengan gejala mudah lemah, lelah hingga gagal hati.

Namun jika Anda kelebihan zat ini juga akan berdampak buruk bagi tubuh. Menurut Cording, sangat penting untuk mengetahui tentang bagaimana cara menyeimbangkan sumber makanan dan juga suplemen bagi tubuh Anda.

  1. Beras merah

Beras merah sangat identik dengan makanan sehat karena kandungan karbohidrat kompleksnya. Namun, padi cikal bakal beras juga memiliki kemampuan dalam menyerap arsenik yang terjadi alami di dalam tanah dan juga air. beras merah sendiri memiliki kecenderungan untuk menyerap lebih banyak logam berat dibanding dengan logam lainnya.

Seperti yang telah diketahui bahwa arsenik merupakan karsinogen bagi tubuh manusia. sampai saat ini, belum ada batas aman untuk jumlah arsenik dalam makanan. Namun begitu, menurut para ahli, untuk menghindari arsenik tak perlu sampai menghilangkan menu beras merah dari daftar diet Anda secara penuh. Anda hanya perlu menyeimbangkan menu Anda dengan mengkonsumsi berbagai jenis biji-bijian atau jika Anda terbiasa makan beras merah setiap hari, cobalah untuk bergantian dengan mengkonsumsi sumber karbohidrat lainnya.

Baca juga:

4 Kegunaan Madu untuk Kesehatan Wajah dan Scrub Alami Tubuh

Mandi Air Dingin Ternyata Baik untuk Kesehatan Loh, Ini Dia 3 Manfaatnya

4 Manfaat Kuning Telur untuk Merawat Kecantikan dan Kesehatan Wajah Secara Alami

 

Loading...