Home Info Kesehatan Apa Penyebab Sinar Matahari Bisa Hitamkan Kulit?

Apa Penyebab Sinar Matahari Bisa Hitamkan Kulit?

336
0

Apa-Penyebab-Sinar-Matahari-Bisa-Hitamkan-Kulit

Kabarmaya.co.id Saat sering terpapar sinar matahari, kulit cenderung akan menjadi mudah gelap. Namun hal tersebut tersebut justru tidak terjadi pada bagian rambut. Dalam keadaan terik, rambut justru akan terlihat lebih bersinar.

Dilansir dari Popular Science, sinar ultraviolet sebenarnya dapat merusak keduanya, yaitu kulit dan juga rambut. Namun, kedua bagian tubuh manusia tersebut bergantung pada perlindungan dari polimer berpigmen yang disebut dengan melanin.

Warna rambut akan berubah menjadi agak keputihan atay kekuningan saat terkena sinar matahari karena sel rambut tersebut sebenarnya mati. Namun, sel rambut baru akan segera tumbuh dan kemudian menggantikannya.

Disisi lain, sel kulit merupakan sel hidup yang dapat bereaksi dan juga beradaptasi terhadap sinar UV. Sel melanin akan bertambah ketika tubuh bereaksi menghasilkan hormon yang terjadi saat kulit terkena sinar matahari.

Kulit pun akan terlihat menghitam dan muncul ke permukaan karena letak melanin yang ada di bawah epidermis. Walaupun sudah terlindungi, namun apabila paparan tersebut terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka kerusakan sel DNA kulit dapat terjadi dan keadaan itu dapat memicu terjadinya kanker kulit.

Baca juga:

Keuntungan Jika Kita Memiliki Jenis Kulit Sawo Matang, Apa Saja Ya ?

Tips Ampuh Atasi Masalah Kulit Wajah dengan 3 Scrub Alami Buatan Sendiri

Ternyata, Ini Lho Efek Berbahaya Bagi Kulit Akibat Terlalu Sering Mandi

 

Loading...