Home Info Kesehatan Hindari Kanker Prostat dengan Rajin Makan Tomat

Hindari Kanker Prostat dengan Rajin Makan Tomat

927
0

Hindari-Kanker-Prostat-dengan-Rajin-Makan-Tomat

Kabarmaya.com – Sayur sekaligus buah yang menyegarkan ini terbukti multi fungsi dalam mencegah beberapa penyakit. Khususnya untuk seorang pria, tomat dapat mencegah kanker prostat yang biasanya hanya terjadi pada pria.

Tomat mempunyai kandungan lycopene, yaitu sebuah antioksidan karotenoid yang memberikan warna merah pada tomat. Lycopene selama ini diketahui bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mencegah penyakit jantung.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Bristol mengungkap bahwa pria yang mengonsumsi 10 porsi tomat atau lebih dalam waktu seminggu mengalami penurunan risiko kanker prostat hingga 18 persen. Penelitian yang dipimpin oleh Vanessa Er ini dilakukan pada 1.806 pria yang memiliki kanker prostat pada usia 50 – 69 tahun dan membandingkannya dengan 12.005 pria yang tak memiliki kanker.

“Tomat penting untuk pencegahan kanker prostat. Meski begitu, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengonfirmasi penelitian ini,” tulis peneliti.

Tidak hanya tomat, pria juga harus mengimbanginya dengan memakan sayur dan buah-buhan lain untuk menunjang nutrtisi yang dibutuhkan untuk mencegah kanker tersebut.

Namun sebaiknya pria mengurangi konsumsi terhadap bahan olahan tomat, misalnya saus tomat. Walaupun terbuat dari tomat, namun produk-produk olahan tersebut tentunya telah dicampur dengan bahan lain yang tak menyehatkan seperti garam, gula, lemak, dan lainnya.

Teman si tomat yang juga berfungsi mencegah kanker prostat adalah wortel. Kedua sayuran ini memang cocok dikonsmsi secara bersamaan secara segar. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi teh hitam untuk meningkatkan fungsi buah-buahan tersebut.

Loading...