Home Info Kesehatan 5 Cara Sederhana Hilangkan Stres

5 Cara Sederhana Hilangkan Stres

590
0

5-Cara-Sederhana-Hilangkan-Stres

Kabarmaya.co.id Menjadi tangkas dan cepat merupakan tuntutan setiap orang hidup, terutama bagi Anda yang tinggal di perkotaan. Bahkan banyak diantara Anda yang harus begadang demi menyelesaikan tugas kantor hingga tuntas. Hal tersebut secara tidak langsung akan menimbulkan berbagai tekanan pada tubuh.

Hal tersebut akan mempengaruhi produksi kelenjar adrenal dan pada akhirnya bisa menimbulkan kelelahan hingga stres. Selain itu, apabila dibiarkan terlalu lama bisa juga mengakibatkan kenaikan berat badan, insomia hingga perubahan suasana hati.

Dikutip dari Dailymail, Selasa (14/6/2016), agar tubuh Anda tetap dalam keadaan sehat dan apa yang menjadi pekerjaan Anda dapat terselesaikan dengan baik, maka Anda bisa mencoba beberapa hal sederhana berikut.

  1. Atur pernafasan

Mengatur pernafasan merupakan salah satu cara untuk mengetahui seberapa dalam dan seberapa efektif Anda menghirup udara yang akan berdampak pada otot–otot dan juga kesehatan Anda. Dengan bernafas secara benar, maka tubuh Anda sedang dipasok oksigen dengan jumlah yang tepat. Nutrisi penting pun akan mengisi otak dan juga organ vital lainnya.

  1. Garam merah jambu Himalaya

Garam merupakan salah satu bagian penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Garam digunakan oleh tubuh untuk mempertahankan beberapa fungsi essensialnya, seperti menjaga keseimbangan air dan sinyal saraf. Walaupun demikian, terlalu banyak mengkonsumsi garam juga akan berbahaya bagi kesehatan Anda.

Oleh karena itu, Anda bisa mengganti garam yang biasa Anda konsumsi dengan garam merah muda Himalaya yang berbentuk halus dan juga mengandung natrium klorida serta sejumlah kecil Mineral. Mineral ini juga akan membantu fungsi tubuh termasuk kekuatan tulang dan juga adrenal.

  1. Konsumsi spirulina

Keseimbangan pH tubuh, pengurangan terjadinya peradangan serta pemenuhan energi dapat diperoleh salah satunya dengan mengkonsumsi makanan hijau seperti spirulina (ganggang hijau). Mikronutrien ini juga akan membantu Anda dari efek stres, terutama vitamin B dan magnesium.

  1. Mulai hari dengan tenang

Jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan alarm untuk membangunkan tidur Anda, ada baiknya untuk mengaturnya satu jam sebelum waktu bangun yang seharusnya. Hal tersebut dilakukan untuk membantu Anda agar siap menjalankan aktifitas yang akan Anda lakukan. Dengan cara ini, tubuh akan lebih hangat dan kortisol hormon stres tak akan naik. Jika Anda kaget dengan bunyi alarm dimana Anda harus bangun di jam tersebut, maka hal itu akan membingungkan hormon stres.

  1. Minum teh hijau

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein sebenarnya tidak terlalu buruk bagi Anda, asalkan Anda mengetahui darimana asupan itu berasal. Sebagian orang yang merasa stres biasanya lebih memilih langsung mengkonsumsi kopi untuk mendorong energi. Namun nyatanya, dosis tinggi kafein dan juga zat perangsang dalam kopi sebenarnya justru akan meningkatkan hormon stres pada tubuh.

Cassandra Barns, salah satu ahli gizi mengatakan, “Teh hijau memang mengandung kafein, tetapi lebih sedikit dari kopi. Alasan utama teh bisa menjadi pilihan yang lebih baik saat stres karena adanya zat alami yang disebut L-theanine, yang memiliki efek relaksasi pada pikiran, mengurangi kecemasan, dan membantu fokus dan konsentrasi.”

Baca juga:

Tips Terbaru Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dan Menghilangkan Komedo

4 Manfaat Kuning Telur untuk Merawat Kecantikan dan Kesehatan Wajah Secara Alami

Tips dan Cara Mengatasi Bibir Kering Serta Pecah – Pecah Secara Alami

 

Loading...